Rektor UIN Malang Beber 3 Model Pendidikan Moderasi Beragama

Mar 02, 2022 17:10
Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr Zainuddin MA (Ist)
Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr Zainuddin MA (Ist)

JATIMTIMES - Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki), Prof Dr Zainuddin MA, menjadi narasumber Webinar Jadi ASN solutif dengan mengusung tema "ASN, integritas, dan Penguatan Program Moderasi Beragama di Kampus dan Madrasah". Dalam webinar itu, Rektor memaparkan materi strategis, yakni mengenai, model pendidikan moderasi beragama di perguruan tinggi.

Prof Zain, sapaan akrabnya, menjelaskan, jika model pendidikan moderasi beragama di perguruan tinggi menurut rektor asal Bojonegoro ini ada tiga macam, yakni model scientific (rasional-empirik).  Model ini bersifat rasional dan empirik karena memang ilmiah. 

"Ya pastinya hal ini bersifat rasional dan empirik karena memang ilmiah," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, model yang kedua adalah, model pendidikan bersanad.  Model ini merupakan pembelajaran dengan bercermin pada perilaku Rasulullah baik saat di Makkah maupun di Madinah. Model pembelajaran ini menurutnya merupakan model yang harus diikuti. 

" Inilah Role Model yang mesti kita ikuti yang kemudian dilanjutkan oleh para sahabat besar sampai pada sahabat kecil Rasulullah, lalu para ulama' yang tentunya sudah benar-benar diakui," jelasnya.

Selanjutnya, adalah model pendidikan yang didesiminasikan melalui program Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang didalamnya terdapat unsur pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. 

"Kesimpulannya adalah model pendidikan moderasi beragama di perguruan tinggi itu bersifat integrarif dan berbasis pada pendekatan scientific kemudian dilakukan melalui Tri Dharma Perguruan tinggi," tuturnya.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan terkait Islam Moderat. Dalam hal tersebut, meliputi pengertian Islam, misi Islam, bekal dalam ber-Islam dan ruang lingkup ajaran Islam hingga pusat pendidikan karakter yang terdiri dari tiga komponen, yakni Tuhan, manusia dan alam semesta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
UIN Maliki MalangRektor UIN Malangprof zainuddin

Berita Lainnya

Berita

Terbaru