Joddy Ngaku Tertidur saat Detik-Detik Kecelakaan Terjadi hingga Tewaskan Vanessa dan Suami

Mar 02, 2022 14:25
Tubagus Muhammad Joddy, sopir Vanessa Angel. (Foto : Adi Rosul / jombangtimes)
Tubagus Muhammad Joddy, sopir Vanessa Angel. (Foto : Adi Rosul / jombangtimes)

JATIMTIMES - Tubagus Muhammad Joddy mengungkap kejadian kecelakaan maut yang menewaskan Vanessa Angel dan suaminya , Febri “Bibi” Andriansyah, di Km 672 tol Jombang-Mojokerto di depan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jombang. Pria berusia 24 tahun itu mengaku tertidur saat detik-detik kecelakaan terjadi.

Joddy menceritakan kecelakaan maut tersebut di persidangan dengan agenda pemeriksaan terdakwa di PN Jombang, Rabu (02/03/2022). Seperti biasa, sopir almarhumah Vanessa ini mengikuti sidang secara virtual di Lapas Kelas II B Jombang.

Dalam sidang kali ini, kuasa hukum Joddy hanya satu orang yang hadir di ruang sidang Kusuma Atmdja PN jombang, yaitu Eko Wahyudi. Pihak jaksa penuntut umum hadir lengkap, yakni Adi Prasetyo dan Aldi Demas.

Sidang yang dipimpin  Ketua Majelis Hakim Bambang Setyawan serta hakim anggota Joni Mauluddin Saputra dan Sudirman itu dimulai sekitar pukul 11.20 WIB. Di hadapan majelis hakim ini, Joddy menjelaskan kondisi perjalanan dari awal hingga saat detik-detik terjadinya kecelakaan.

Saat menyetir mobil Mitsubishi Pajero Sport menuju Surabaya itu, Joddy mengakui bermain ponsel untuk membalas pesan dari ayahnya dan merekam video di Km 555 untuk diunggah di media sosial. Ketepatannya saat itu, diakui Joddy, sekitar 120-130 Km/jam.

"Saya sempat bermain HP juga Yang Mulia, untuk membalas Whatsapp dari orang tua saya. Saya setelah membalas WA, karena handphone sudah di tangan, saya lanjut membuat instagram story di Instagram saya dan memvideokan posisi jalan di Km 555," ujar Joddy di persidangan.

Tidak hanya itu. Cerita mengejutkan juga diungkap Joddy di persidangan itu. Joddy mengungkapkan bahwa dirinya tertidur sesaat sebelum mobil yang membawa Vanessa dan suaminya, Febri Andriansyah atau Bibi, serta Gala Sky, putra Vanessa, menabrak pagar beton pembatas jalan tol.

"Saya tidak merasakan ada benturan Yang Mulia. Cuma, saya sempat mendengar suara keras. Kesadaran terakhir saya saat sebelum terjadi kecelakaan Yang Mulia, ketika masih di jalan lurus. Lalu seketika mata saya tertidur, ketika buka mata mobil sudah menghadap ke belakang dan posisi sudah berhenti. Jadi, saya tidak merasakan adanya tabrakan," ungkapnya.

Joddy baru mengetahui mobil yang dikemudikannya kecelakaan saat matanya terbuka usai kejadian. Saat itu, ia melihat kondisi mobil sudah hancur dan keluar asap. "Saya berasa seperti mimpi, tiba-tiba mobil berhenti dan tiba-tiba ada bau gosong di sini. Lalu lihat sebelah kiri, kok kenapa hancur ini mobil," kata Joddy.

Sidang pemeriksaan terdakwa Joddy ini berlangsung sekitar 1 jam 13 menit. Sidang selanjutnya akan digelar dengan agenda tuntutan JPU pada Kamis (10/03/2022).

Untuk diketahui, artis Vanessa Angel dan suaminya Febri Andriansyah tewas dalam kecelakaan mobil yang dikemudikan oleh Tubagus Joddy. Mobil Mitsubishi Pajero Sport warna putih mengalami kecelakaan di tol Jombang-Mojokerto di Km 672+400 A pada Kamis (04/11/2021) pukul 12.30 WIB.

Mobil berplat nomor B 1264 BJU itu menabrak beton pembatas jalan saat sedang melaju dari Jakarta menuju Surabaya. Pada peristiwa nahas itu, tiga orang berhasil selamat dari maut. Yaitu putra Vanessa Angel, Gala Sky Ardiansyah, baby sitter Siska Lorensa dan sopirnya, Tubagus Joddy.

Terhadap kasus tersebut, JPU mendakwa Joddy dengan pasal berlapis. Dakwaan pertama, sopir Vanessa Angel itu dijerat dengan Pasal 311 Ayat (5) dan Pasal 311 Ayat (3) UU RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sedangkan dalam dakwaan kedua, Joddy dijerat dengan Pasal 310 Ayat (4) dan Pasal 310 Ayat (3) UU RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Ia menerima dakwaan tersebut dan memilih tidak mengajukan eksepsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kecelakaan vanessa angelkecelakaan vanessa bibiSidang kecelakaan Vanessa Bibisopir vanessa angel

Berita Lainnya

Berita

Terbaru