Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Berbuatlah Baik dan Hindari Perbuatan Maksiat, Ada 5 Malaikat Mengawasimu Bergantian

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Lazuardi Firdaus

02 - Mar - 2022, 10:44

Ilustrasi malaikat yang mengawasi para manusia (istimewa)
Ilustrasi malaikat yang mengawasi para manusia (istimewa)

JATIMTIMES - Manusia selalu mendapatkan pengawasan dari malaikat utusan Allah SWT. Hal ini bukanlah isapan jempol semata, namun telah dijelaskan dalam Al-Qur'an dan Hadits. 

Satu malaikat berada di sisi kanan manusia  untuk mencatat amal baik dan satu malaikat berada di sisi kiri manusia untuk mencatat hal-hal buruk yang dilakukan manusia.

Dalam sebuah riwayat juga dijelaskan, jika terdapat 5 malaikat utusan Allah yang secara bergantian melakukan pengawasan terhadap manusia. Dua di antaranya mereka berjaga pada malam hari, dua malaikat berjaga pada siang hari, serta satu malaikat tidak pernah meninggalkan manusia.

Ketika manusia tengah duduk, malaikat yang mengawasinya akan duduk di samping kiri dan kanannya. Dan ketika manusia berjalan, malaikat akan berada di depannya, sedangkan ketika manusia tidur, malaikat akan berada di dekat kepalanya.

Surat Qaaf 16-18 telah menjelaskan hal tersebut, "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat lehernya, (yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir,".

Rasulullah Saw bersabda, "Malaikat sebelah kanan bisa lebih dapat dipercaya dibandingkan malaikat pencatat keburukan di sebelah kiri". Sebagaimana dikatakan Imam Al Munaawi dalam Syarah Jami' ushshaghier, Faidhul Qadir 2/279 mengutip Majma Az Zawa, "Maka jika manusia beramal jelek, dan malaikat di sebelah kiri akan menulisnya, maka malaikat di sebelah kanannya akan berkata, 'tunggu dulu, tunggulah selama 7 jam, jika dia beristighfar kepada Allah, jangan kau tulis dan jika dia tidak beristighfar maka tulislah satu kejelekan'". 

Para malaikat datang berganti-ganti kepada kalian pada waktu malam dan siang hari mereka berkumpul saat salat Subuh dan Ashar. Kemudian yang menjaga kalian di waktu malam naik. Allah yang maha mengetahui urusan mereka bertanya kepada malaikat-malaikat tersebut, “Bagaimana keadaan hamba-ku ketika kalian tinggalkan?, Mereka menjawab, ”Kami tinggalkan mereka ketika mereka sedang salat dan kami datang juga ketika mereka sedang salat,"(HR Muslim).

Malaikat ini menulis amal kebaikan dan kejelekan di antara kedua bahunya. Lidahnya sebagai pena, mulutnya sebagai tempat tinta, keduanya menulis amal manusia sampai datang hari kematiannya. 

Ketika manusia meninggal dan telah masuk kedalam liang lahat, mereka berkata, "Wahai Tuhanku, engkau telah menyerahkan kepada kami hambaMu untuk menulis amalnya, dan sungguh engkau telah mencabut ruhnya, maka izinkanlah kami naik ke langit,". 

Allah kemudian berfirman, "Langit telah dipenuhi dengan malaikat yang membaca tasbih, maka kembalilah kalian berdua dan bertasbihlah kepadaKu, bacalah takbir dan tahlil, dan tulislah bacaan-bacaan itu untuk hambaku sampai dia dibangunkan dari kuburnya".

 


Topik

Agama


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Lazuardi Firdaus