Tinggal Tunggu Pengerjaan, Jalur Gondanglegi-Balekambang Jadi Jalan Nasional

Feb 28, 2022 13:08
Bupati Malang, HM. Sanusi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Bupati Malang, HM. Sanusi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus melakukan penguatan infrastruktur. Hal itu juga termasuk dalam upaya untuk penguatan di segala sektor. Baik ekonomi, wisata, UMKM, pendidikan, kesehatan dan beberapa sektor lainnya. 

Di sektor wisata, Bupati Malang HM. Sanusi mengatakan hal tersebut salah satunya bakal dilakukan dengan penguatan infrastruktur jalan di sepanjang Gondanglegi hingga ke Pantai Balekambang. Sanusi menyebut, di 2022 ini, jalan tersebut statusnya akan meningkat menjadi jalan nasional. 

Jalur tersebut merupakan salah salah satu akses wisata di Kabupaten Malang. Tepatnya, menuju pantai selatan yang berjajar di sepanjang Jalur Lintas Selatan (JLS). 

"Permintaan kita (Pemkab Malang) ke Pak Menteri untuk meningkatkan Jalan Gondanglegi-Balekambang menjadi jalan nasional, dikabulkan," ujar Sanusi.

Sanusi menjelaskan, hal tersebut diproyeksikan untuk dapat meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Malang. Apalagi, pembangunan JLS tahap 2 baru saja rampung digarap pada akhir 2021 lalu. Sehingga saat ini, jalur tersebut sudah bisa terhubung hingga Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo. 

"Dengan meningkatnya status jalan tersebut (Gondanglegi-Balekambang) diharapkan bisa membuat kualitas jalan semakin baik dan mempermudah akses pariwisata," jelasnya.

Selain wisata, hal tersebut juga diharapkan bisa mendongkrak ekonomi masyarakat. Sebab, kedepannya, setelah JLS tahap II rampung digarap pada 2021 lalu, pembangunan jalur tersebut rencananya juga akan dilanjutkan hingga bisa menghubungkan tiga daerah. Yakni Lumajang, Malang dan Blitar. 

"Dengan meningkatnya status jalan itu jelas akan membuat masyarakat lebih nyaman dalam menggunakan jalan dan lebih bermanfaat. Kemudian dengan JLS menuju Blitar-Lumajang itu bisa nyambung," pungkas Sanusi.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, Romdhoni. Di mana jalur Gondanglegi menuju Balekambang rencananya juga masuk dalam agenda jalan yang bakal dipermak.

Mengingat angkanya yang terbilang besar dengan pertimbangan nilai yang cukup strategis, Romdhoni mengatakan bahwa kementerian terkait telah menangkap hal itu untuk juga ditangani. 

"Jaringan itu adalah strategis. Koneksi JLS ke Malang, yang lewat Gondanglegi. Angkanya besar, dan nilai strategis jalan tersebut. Kementerian menangkap, itu akan ditangani oleh kementerian," pungkas Romdhoni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Jalan Lingkar Selatanjalur wisatajalur wisata kabupaten malangakses wisata kabupaten malangKabupaten MalangBupati Malang HM SanusiBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru