Apa Itu Ekokardiograf? Simak Penjelasan Dokter Spesialis Jantung RSI Unisma Ini

Feb 27, 2022 13:12
Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma Malang dr Ira Setya Waty Sp JP.(Ist)
Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma Malang dr Ira Setya Waty Sp JP.(Ist)

JATIMTIMES  - Dalam dunia medis, terdapat berbagai Iistilah yang belum diketahui masyarakat. Istilah tersebut salah satunya adalah ekokardiograf. Lantas, apa sebenarnya ekokardiograf?

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma Malang dr Ira Setya Waty Sp JP menjelaskan, ekokardiograf merupakan pemeriksaan penunjang untuk melihat gambaran struktur dan fungsi jantung dan pembuluh darah.

1

Pemeriksaan ini menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk menangkap gambaran struktur organ jantung. Ekokardiograf  biasanya juga dibantu dengan teknologi doppler yang dapat mengukur kecepatan dan arah aliran darah. "Pemeriksaan ini mengunakan gelombang ultrasound," jelas Ira.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam melakukan pemeriksaan ekokardiograf, tidak perlu persiapan khusus. Pemeriksaan ini juga tidak menimbulkan efek samping. Dengan pemeriksaan ekokardograf, dapat dilihat kelainan-kelainan struktur maupun fungsi-fungsi katub dan pembuluh darah besar. 

Metode pencitraan ini dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit jantung, meyakinkan dalam diagnoasis, menentukan langkah pengobatan yang tepat, dan mengevaluasi pengobatan yang diberikan.   

"Ini juga dapat melihat prognosis dan melihat perbaikan-perbaikan atau hasil dari intervensi pelaksanaan tindakan sebelumnya. Jika terdapat keluhan, segera periksa dan berobat ke RSI Unisma sebelum terlambat," kata Ira.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
RSI UnismaEkokardiografDokter spesialis jantung dan pembuluh darah RSI UnismaDokter Ira Setya Waty SpJP

Berita Lainnya

Berita

Terbaru