Rektor Unisma Lakukan Kunker, Dorong Pengembangan SDM di Bawean

Feb 26, 2022 16:50
Di yayasan pendidikan Darussalam Daun, Sangkapura - Bawean.
Di yayasan pendidikan Darussalam Daun, Sangkapura - Bawean.

JATIMTIMES - Univesitas Islam Malang (Unisma) tengah melakukan kunjungan kerja (kunker) di Bawean, Gresik. Kunker ini sebagai bagian dari pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, di mana Unisma berkontribusi dalam mendongkrak potensi sebuah daerah. 

Dalam kunker yang dilaksanakan selama empat hari mulai Kamis (24/2/2022) hingga Minggu (27/2/2022), Unisma melihat bahwa pulau Bawean memiliki potensi yang sangat bagus. Potensi yang dimaksud mulai dari pariwisata, pengembangan ekonomi, lingkungan dan perikanan. Karena itu, Unisma menggenjot lokal wisdom melalui sumber daya manusia dan pendidikan yang ada di Bawean.

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi mengatakan, bahwa misi yang ia boyong ke Bawean dalam bidang pendidikan, pelatihan dan pengabdian, peningkatan kualitas SDM serta penerimaan mahasiswa baru. Lewat langkah ini, para tokoh-tokoh NU yang ada di Bawean, menyambut baik. Meraka ingin mengubah mindset dan pendidikan yang berkembang di Bawean. 

1

“Hampir 98 persen di sini pendidikan dan pelatihan bernaung di bawah bendera NU. Sistem pendidikan yang dibangun masih tradisional di kecamatan Tambah dan Sangkapura” katanya.

Dengan kehadiran Unisma, tokoh NU dan jajaran rektorat Unisma melakukan mapping kendala pendidikan di daerah tersebut. Potensi yang dikembangkan digali terlebih dulu, untuk kemudian diimplementasikan. 

"SDM bagus sebagai daya ungkit pendidikan di Bawean. Maka kualitas anak bangsa dari Bawean tak hanya paham teori, tetapi lingkungannya juga untuk kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Konsen pengembangan SDM seperti sentuhan perombakan kurikulum, metode pembelajaran, dan media pembelajaran. Kearifan lokal menjadi isu strategis sebagai daya ungkit mutu pendidikan.

2

Dalam kunker itu, beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan, seperti kunjungan dan silaturahmi ke beberapa Pondok Pesantren (Ponpes). Di antaranya Ponpes Khairo Ummah Sangkapura, Ponpes Miftahul Ulum Karenteng-Bululanjang, Ponpes Darussalam Daun dan Ponpes Penaber. 

Tak hanya pondok pesantren, peningkatan SDM di lembaga pendidikan juga menjadi sasaran dalam lawatan kerja Rektor Unisma bersama rombongan. Dalam kesempatan tersebut, rektor juga  memberikan stadium generale tentang peran kepala sekolah dalam mendukung program organisasi penggerak menuju daya saing global. 

Selain itu, Rektor Unisma juga memberikan stadium general di Sekolah Tinggi Agama Islam Hasan Jufri (STAIHA) Bawean serta melakukan konsolidasi dengan NU, PCNU dan kader NU Bawean. Peran pentahelix dibutuhkan dalam menumbuhkan SDM di Bawean. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Rektor Unismaunisma kunker ke baweanPulau Baweansdm bawean

Berita Lainnya

Berita

Terbaru