Seperti Singapura, Wali Kota Batu Bakal Datangkan Mesin Pirolisis untuk Atasi Bau Sampah

Feb 25, 2022 18:45
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

JATIMTIMES - Bau sampah masih menjadi permasalahan yang belum terpecahkan solusinya di permukiman area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. 

Namun,  Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko sudah punya cara untuk memecahkan masalah tersebut. Yakni dengan menghadirkan mesin pirolisis.

 Mesin pirolisis merupakan mesin yang berfungsi untuk mengolah sampah menjadi bahan bernilai ekonomis. Bahkan saat ini progresnya sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak untuk mendatangkan alat ini.

Dewanti mengatakan, alat ini akan didatangkan tanpa mengeluarkan anggaran secara cuma-cuma alias gratis. “Perlu digarisbawahi, alat ini didatangkan tanpa anggaran sepeser pun alias gratis,” ucap dia.

Dewanti menambahkan,  mesin ini juga digunakan Singapura dalam mengatasi problem sampah. Kerja alat ini lebih efektif dalam bahan bakar karena menggunakan solar cell. Berbeda halnya dengan mesin insinerator yang menggunakan bahak bakar solar. “Semoga mesin pirolisis ini bisa cepat datang,” tambah Dewanti.

Dewanti pun meminta kepada masyarakat untuk bersabar. Yang jelas, alat tersebut bertujuan mengurangi sampah juga bau di TPA Tlekumg.

“Saya harap masyarakat bisa sabar. Harapannya nanti bisa mengatasi masalah bau di TPA Tlekung,” tambah Dewanti yang juga politisi PDI Perjuangan ini.

Bau sampah kerap dirasakan warga sekitar pemukiman TPA Desa Tlekung. Apalagi bau semakin menyengat ketika hujan turun. Hal ini pun sangat mengganggu warga sekitar sudah beberapa tahun terakhir.

Bahkan warga sekitar, yakni Dusun Gangsiran, sudah melayangkan protes dengan melakukan aksi memasang banner di pintu masuk TPA Tlekung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
TPA TlekungMesin pirolisisWali Kota Batu Dewanti RumpokoBerita Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru