Pemkot Batu Targetkan Tahun Ini 41 Aset Selesai Tersertifikasi

Feb 24, 2022 21:46
Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pemkot Batu merinci memiliki 341 aset di Kota Batu terdiri dari aset bangunan dan tanah. Namun dari jumlah tersebut masih ada 41 aset yang belum tersertifikasi.

Dengan demikian 300 di antaranya sudah tersertifikasi. Dari jumlah 41 aset itu semuanya berada di wilayah pemerintah desa (pemdes), atau dalam bentuk tanah kas desa.

“Desa kan sekarang berdiri sendiri. Nah, otomatis tanah kas desa ini masuk dalam pemdes,” ungkap Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Batu M. Chori.

Chori menambahkan, sesuai dengan ketentuan, tanah kas desa yang digunakan oleh Pemkot Batu harus dikembalikan lagi pada pemdes. “Kecuali diperuntukkan bagi kepentingan umum seperti sekolah,” imbuh Chori.

Hingga saat ini proses sertifikasi tidak ada masalah, hanya dalam prosesnya dibutuhkan kelengkapan data asal-usul riwayat tanah yang dikeluarkan oleh desa. Karena itu Pemkot Batu pemdes harus bersinergi.

Karena itu pihaknya menarget sisa 41 aset yang belum tersertifikasi itu bisa tuntas di tahun ini. ”Jadi itu sekarang yang sedang kami kejar,” ujar Chori.

Bahkan jumlah aset yang belum tersertifikasi masih berpotensi bertambah. Sebab Pemkot Batu masih menunggu pendataan yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

“Karena kami masih menunggu data dari PUPR tentang data tanah di bawah jalan,” tutup Chori.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Aset Kota BatuPemkot Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru