Besok Jembatan Tlogomas Diresmikan, Rekayasa Lalin Tunggu 2 Pekan Uji Coba

Feb 23, 2022 17:51
Jembatan Tlogomas yang siap beroperasional mulai besok (Kamis, 24/2/2022). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Jembatan Tlogomas yang siap beroperasional mulai besok (Kamis, 24/2/2022). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES- Akses Jembatan Tlogomas bakal diresmikan esok hari (Kamis, 24/2/2022). Meski begitu, rekayasa lalu lintas (lalin) di sekitar area masih menunggu selesainya uji coba jembatan alternatif pemecah kemacetan dalam dua pekan awal.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Heru Mulyono mengatakan, dalam dua pekan uji coba fungsional Jembatan Tlogomas tersebut pihaknya sembari melakukan pemantauan volume kendaraan yang keluar masuk di Jl Saxophone. Hal itu karena ruas jalan di sekitarnya terlihat sempit. "Nanti kami hitung, jadi 2 minggu awal seperti apa setelah dioperasionalkan. Kami lihat mana yang volumenya meningkat," katanya, Rabu (23/2/2022).

Heru menambahkan, Jembatan Tlogomas hanya diperbolehkan untuk dilintasi kendaraan kelas III. Seperti, kendaraan roda dua, roda empat maksimal adalah elf.

Sementara untuk kendaraan besar, pihaknya melarang untuk melintasi, meski konstruksi jembatan bisa dilalui truk ataupun kendaraan besar lainnya. "Truk tidak boleh, kasihan Jalan Saxophone itu. Karena di situ kan tidak lebar dan akan padat kendaraan lalu lalang," jelasnya.

Dalam perlintasan jembatan alternatif Jl Raya Tlogoms ke Jl Saxophone atau sebaliknya ini pihaknya juga mengatur pembatasan kecepatan kendaraan yang melintas, yakni hanya 40 km/jam. "Kemudian lebar kendaraan maksimal 2,1 meter atau 210 centimeter, tonase 8 ton. Selebihnya itu sebetulnya dari segi jembatan mampu, tapi masalahnya di ujung Jalan Saxophone," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Jembatan Tlogomasheru mulyonoKepala Dshub Kota Malang Heru Mulyonouji coba jembatan tlogomas

Berita Lainnya

Berita

Terbaru