Jadi Tuan Rumah Porprov, Kelanjutan Pembangunan GOR Tipe B Kanjuruhan belum Jelas

Feb 22, 2022 16:29
Kepala Dispora Kabupaten Malang, Nazarudin.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Kepala Dispora Kabupaten Malang, Nazarudin.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES- Pembangunan Gedung Olahraga (GOR) Tipe B di areal Stadion Kanjuruhan masih jadi tanda tanya. Hingga saat ini belum dapat dipastikan kapan kelanjutan pembangunan yang sebelumnya dilakukan pembangunan tahap kedua pada akhir tahun 2021 lalu. Pada tahun 2019, pembangunan GOR itu dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada tahun 2019. 

Pada tahun 2021 sebenarnya dialokasikan anggaran sebesar Rp 10 miliar. Namun dikarenakan terdampak refocusing anggaranm ada pemangkasan anggaran sehingga tinggal menjadi Rp 5 miliar. 

"Kemarin itu (pembangunan tahap 2) termasuk pemasangan lantai yang di dalem, lapangan basket sama voli," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang, Nazarudin Selian Hasan

Menurutnya, progres yang ada saat ini masih jauh dari kata siap untuk GOR tersebut dapat digunakan. Dirinya pun berharap agar segera ada kepastian, agar pembangunan GOR tersebut bisa segera dilanjutkan. "Kalau total secara keseluruhan hingga dapat dioperasikan, kira-kira kurang Rp 15 miliar. Item yang kurang, di luar itu kan belum tertutup semua, interior dan yang mahal adalah finishingnya," terang Nazar. 

Terlebih, pada tahun 2024 mendatang, Nazar mengatakan bahwa Kabupaten Malang juga akan berkesempatan menjadi tuan rumah gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Untuk itulah dirinya berharap, setidaknya sebelum tahun 2023, GOR itu sudah rampung dibangun. 

"Kita kan tuan rumah Porprov 2024, jadi harapannya sebelum tahun 2023 sudah siap. Jadi juga bisa kita gelar dengan lebih megah," imbuh Nazar. 

Sedangkan pada tahun 2022 ini, Dispora masih berupaya agar kelanjutan pembangunan GOR Tipe B ini bisa mendapat support dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Sebab menurutnya, akan sulit untuk diakomodir melalui APBD Kabupaten Malang. "Tergantung APBD nya, kalau mengharapkan APBD-nya Kabupaten Malang yang sulit. Ini nanti kita coba lagi 2022 mengajukan ke Provinsi, kalaupun ada anggaran dari APBN ya bisa lebih cepat. Cuma sampai saat ini belum," pungkas Nazar. 

Informasi yang dihimpun, ada 3 cabang olahraga yang disiapkan dalam GOR Tipe B itu. Yakni Bola Basket, Bola Voli dan Tenis Indoor. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Stadion KanjuruhanNazarudin Hasannazarudin selian hasan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru