24 Februari Lusa, Jembatan Tlogomas Siap Dilintasi Kendaraan

Feb 22, 2022 12:21
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (rompi hitam) saat meninjau Jembatan Tlogomas, Selasa (22/2/2022). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (rompi hitam) saat meninjau Jembatan Tlogomas, Selasa (22/2/2022). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Ini bisa jadi kabar membahagiakan bagi masyarakat Kota Malang. Pasalnya, dua hari lagi atau tepatnya pada 24 Februari 2022, Jembatan Tlogomas resmi difungsikan.

Artinya, para pengendara yang ingin menghindari kemacetan yang biasa terjadi di kawasan Dinoyo bisa mengambil alternatif melewati jembatan ini.

Hal itu dipastikan langsung oleh Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko saat meninjau lokasi pagi ini (Selasa, 22/2/2022). "Secara keseluruhan pekerjaan selesai. Kemudian struktur juga sudah layak. Sehingga siap untuk diresmikan Insya Allah tanggal 24 nanti," ujar dia.

Sofyan Edi menyampaikan, dari hasil peninjauannya tersebut, kawasan jembatan alternatif penghubung Jl Raya Tlogomas ke Jl Saxophone atau sebaliknya tersebut telah tuntas. Dirinya memastikan jembatan ini telah siap untuk dilalui kendaraan khususnya kelas III.

"Tadi saya tanyakan secara langsung, melihat fisik langsung ke jembatan, mulai dari point per point. Pekerjaan sudah selesai. Struktur jembatan sudah layak untuk dilalui, dipakai oleh masyarakat sebagai jalan dan jembatan untuk layanan masyarakat," imbuh wawali.

Meski begitu, memang ada beberapa hal kondisional yang terus akan dilengkapi sebelum peresmian nantinya. Yakni, berkaitan dengan area jalan raya di wilayah Tlogomas karena itu merupakan jalan milik Provinsi Jawa Timur. Jadi, masih akan dilakukan koordinasi lebih lanjut. 

"Ada beberapa kondisional yang mesti dikoordinasikan dengan provinsi. Makanya dipasang rambu sementara tidak boleh belok kanan," kata Sofyan Edi.

Namun, diharapkan koordinasi tersebut segera dituntaskan dalam dua hari ke depan. Termasuk untuk kendaraan yang bisa melintasi kawasan jembatan ini sementara waktu hanya dibolehkan bagi kendaraan kelas III. Khususnya di masa uji coba dua minggu fungsional jembatan.

"Sebetulnya didesain untuk kendaraan kelas I, tapi menyesuakian kondisi. Sementara masih kendaraan kelas III. Bus, truk tronton tidak bisa. Tapi ankle truk dibolehkan melintas. Uji coba selama 2 minggu dulu," ungkap Sofyan Edi.

Sementara itu, Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi mengungkapkan, pengerjaan Jembatan Tlogomas ini tuntas sejak 16 Februari 2022. Saat ini di area jembatan masih dilakukan perapian sebelum peresmian dua hari agi.

"Kan itu area samping mau disiapkan untuk lokasi peresmian itu. Jadi, dilakukan perapian saja. Secaea kontrak sudah selesai. Ini tinggal perapian," kata Diah.

Kelengkapan sarana prasarana di area Jembatan Tlogomas juga terus dioptimalkan. Misalnya lampu penerangan jalan umum (PJU), dan telah dinyalakan setiap malam. "PJU sudah selesai, malam sudah nyala. KWa meter juga sudah tersendiri, pakai tenaga listrik," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Jembatan TlogomasPenerangan Jalan UmumWakil Wali Kota Malang Sofyan Edi JarwokoJalanan Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru