Pembalap Ngeluh Aspal Sirkuit Mandalika, PTPP Lakukan Resurfacing

Feb 21, 2022 14:01
Para rider saat tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika (foto: istimewa)
Para rider saat tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit terus dilakukan pembenahan menjelang gelaran seri MotoGP Maret mendatang. Kali ini, sirkuit yang berada di Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu dilakukan pengaspalan ulang dibeberapa titik.

Pengaspalan ulang langsung dilakukan oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. (PTPP) selaku kontraktor aspal Sirkuit Mandalika. Disitu, Corporate Secretary PTPP, Yuyus Juarsa membuat video yang menjelaskan kondisi terkini aspal Sirkuit Mandalika yang sedang dilakukan perbaikan.

“Selamat siang para insan PP dan sahabat PP, saya Kang Yuyus (Corporate Secretary PTPP). Hari ini saya berada di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Hari ini saya bersama Pak Direktur Operasi dan juga beliau bersama dengan Pak Dirut PP Presisi, juga para SVP kumpul disini sebagai bentuk komitmen terhadap respon dari masyarakat,” ucap Yuyus pada pembukaan video.

“Kami mengucapkan terima kasih atas semua masukan yang diberikan kepada kami terkait dengan Sirkuit Mandalika ini dan tentu PTPP berkomitmen tinggi untuk memberikan yang terbaik buat Sirkuit Mandalika ini agar MotoGP tetap berjalan di Bumi Indonesia ini,” imbuh Yuyus.

Setelah membuka video diawal, Yuyus kemudian keliling untuk memperlihatkan kondisi aspal yang akan dilakukan perbaikan. Sebab, pihaknya mendapatkan informasi bahwa ada pebalap yang mengeluhkan kondisi aspal saat tes pramusim.

“Dan kita lihat kita saksikan bersama kita akan mengecek apa sih yang sebetulnya terjadi pada Sirkuit ini. Karena terus terang kami juga mendapatkan balancing informasi, jadi ada beberapa pebalap yang apresiasi mengapresiasi sekali dengan sirkuit ini mereka happy enjoy sekali,” ungkap Yuyus.

“Tetapi juga ada beberapa pembalap yang memang mereka juga mengeluhkan sesuatu terkait kebersihan dan juga ada beberapa aspal yang mengelupas. Hari ini kita saksikan, kita berkomitmen tinggi Pak Dirut turun langsung untuk menyelesaikan persoalan ini dan kita akan memberikan yang terbaik,” sambung Yuyus.

Lantas bagaimana komitmen PTPP? Yuyus menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan resurfacing atau pengaspalan ulang dibeberapa bagian. Hal itu untuk memberikan kenyamanan bagi pebalap ketika menjalani race.

“Sebagai bentuk komitmen PTPP sesuai dengan apa yang telah disampaikan pada press conference beberapa hari yang lalu, PTPP akan melakukan resurfacing permukaan aspal pada tikungan 16.5 sampai dengan tikungan 5 (kurang lebih 1.6 KM),” beber Yuyus.

“Jadi kurang lebih tikungan 5 adalah di daerah sana, dan memang menurut kami aspalnya memang masih sangat bagus. Namun, karena memang kita berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kita lakukan resurfacing,” imbuh Yuyus.

Yuyus pun menjelaskan bahwa tes pramusim digunakan pihaknya untuk mengoreksi kekurangan yang dikeluhkan oleh pebalap ataupun timnya. Sehingga, pihaknya dapat melakukan perbaikan.

“Acara pramusim kemarin itu memang adalah satu acara dimana kita bisa mengoreksi apa yang kira-kira perlu kita perbaiki, perlu kita lakukan maintenance, dan lain sebagainya. Sehingga kita bisa tahu kira-kira apa yang menjadi kekurangan dalam event MotoGP nanti, sehingga pada saat pelaksanaan MotoGP semuanya akan berjalan dengan lancar,” papar Yuyus.

Menurut Yuyus, Sirkuit Mandalika sebenarnya sudah memenuhi spesifikasi internasional. Karena saat tes pramusim lalu, sirkuit tersebut juga telah melalui proses Homologasi atau proses penilaian semua aspek balap terhadap standar yang telah ditentukan guna mendapatkan lisensi atau izin sebagai syarat untuk menggelar balapan.

“Pertamina Mandalika International Street Circuit ini sebetulnya sudah memenuhi spesifikasi standar internasional. Karena kita pada saat sebelum menjalankan pertandingan WSBK kemarin juga sudah melalui proses Homologasi,” tutup Yuyus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Sirkuit Mandalikamotogp mandalikasirkuit mandalika aspalaspal sirkuit mandalikagelaran motogp

Berita Lainnya

Berita

Terbaru