Melalui PTSL, 2.700 Bidang Tanah di Tumpukrenteng Turen Segera Bersertifikat

Feb 20, 2022 19:57
Kepal Desa Tumpukrenteng, Helmiawan Khodidi.(Foto: Istimewa).
Kepal Desa Tumpukrenteng, Helmiawan Khodidi.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Sebanyak 2.700 bidang tanah di Desa Tumpukrenteng Kecamatan Turen bakal segera bersertifikat. Proses sertifikasi tersebut rencananya akan difasilitasi melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).

Kepala Desa Tumpukrenteng Helmiawan Khodidi mengatakan, hal tersebut perlu untuk dilakukan. Mengingat jika ada permasalahan soal tanah, keabsahan dan kepastian hukum terkait tanah yang bersangkutan kerap menjadi kendala. 

"Hal itu membuktikan pentingnya sertifikat tanah sebagai bukti hak kepemilikan," ujar pria yang akrab disapa Didik ini. 

Didik mengatakan, dari 2.700 bidang tanah tersebut, saat ini sudah ada sekitar 1.700 orang yang mendaftarkan bidang tanahnya. Sedangkan sisanya, masih ada sekitar 1.053 orang masih sedang dalam proses, hingga penyelesaian pada bulan Maret 2022 mendatang. 

"Ada sekitar 1.700 orang yang sudah daftar, itu saat sosialisasi pendaftaran PTSL oleh BPN (Badan Pertanahan Nasional) lalu," imbuh Didik. 

Dirinya berharap bahwa dengan terbitnya sertifikat tanah tersebut, kedepannya tidak akan ada lagi penyelesaian permasalahan tanah yang menyita waktu cukup panjang. Sebab dengan terbitnya sertifikat itu, keabsahan dokumen tanah juga telah memiliki kepastian hukum. 

"Karena keabsahan dokumen tanah sudah disahkan oleh BPN, sehingga bisa menciptakan iklim yang lebih kondusif," tegas Didik. 

Selain itu menurutnya, juga diharapkan agar permasalahan yang terjadi tidak berbuntut terlalu panjang. Sebab, dari permasalahan yang sudah pernah terjadi sebelumnya, dalam sebuah permasalahan tanah, biasanya terjadi di dalam hubungan keluarga, dan berlanjut hingga ke anak dan cucu. 

Di sisi lain, menurutnya Program PTSL bersubsidi ini dinilai sangat menguntungkan warga. Terutama bagi warga yang menjadi pelaku usaha. Baik usaha mikro ataupun makro. 

"Apabila mereka membutuhkan modal untuk pengembangan usaha, sertifikat itu juga bisa sebagai persyaratan untuk mengakses pinjaman dana diperbankan," pungkas Didik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
ptsl kabupaten malangSertifikasi Tanah GratisProgram sertifikasi tanah Gratis

Berita Lainnya

Berita

Terbaru