Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Promosikan Kopi Lokal, Pemkab Banyuwangi Gelar Festival Foto Kopi

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Heryanto

20 - Feb - 2022, 19:03

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani  saat menyaksikan salahsatu karya peserta Festival Foto Kopi tahun 2022 (Disbudpar Banyuwangi for Jatim Times)
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat menyaksikan salahsatu karya peserta Festival Foto Kopi tahun 2022 (Disbudpar Banyuwangi for Jatim Times)

JATIMTIMES - Kabupaten Banyuwangi yang berada di ujung timur Pulau Jawa dikenal sebagai salasatu daerah penghasil kopi yang kualitasnya bagus dan cukup besar di Provinsi Jawa Timur (Jatim). Dalam usaha mempromosikan kopi lokal, Banyuwangi menggelar lomba fotografi bertajuk Festival Foto Kopi di perkebunan Kalibendo Kecamatan Banyuwangi, Minggu (19/2/2022).

Gelaran lomba foto ini mampu menarik minat ratusan fotografer dari kalangan milenial untuk mengikuti event. Para peserta berkompetisi memotret obyek kopi lokal Banyuwangi.

Para  peserta yang mengikuti lomba foto yang digelar tidak hanya berasal wilayah Jatim saja. Selain kabupaten/kota di Jatim seperti Mojokerto, Jember, Situbondo dan dari Kabupaten Banyuwangi sebagai tuan rumah, ada juga peserta dari Sukabumi, Jawa Barat,.

Untuk mendapatkan spot foto yang baik sebagian peserta terpilih mengikuti famtrip di beberapa destinasi wisata Banyuwangi. Mereka hunting foto dengan model influencer dari Banyuwangi.

Hadir dalam Festival Foto Kopi antara lain Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama beberapa pejabat Pemkab Banyuwangi.  Bahkan dalam kesempatan tersebut Ipuk menghampiri stand UMKM seperti batik kopi dan aneka macam kue. Bahkan orang nomor satu Banyuwangi tersebut mencoba praktik membuat kue kucur.

Ipuk mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan program kegiatan yang menggabungkan kegiatan wisata, produksi, dan berkarya dengan lensa untuk mengangkat potensi kopi lokal Banyuwangi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi MY Bramuda menjelaskan, lewat kompetisi ini Pemkab Banyuwangi ingin berbagi cerita seputar kopi Banyuwangi lewat karya artistik yang dihasilkan oleh kalangan muda.

“Hasil jepretan para peserta harus mampu menceritakan sebuah pesan tentang kopi. Bisa mulai dari pohon kopinya, proses pengolahan hingga aneka produk kopi itu sendiri. Dengan kompetisi ini kami berharap dapat memberikan informasi dan narasi kopi Banyuwangi melalui bahasa gambar,” jelas Bramuda.

Sementara itu, Ahmad Zulkarnain yang akrab disapa Bang Dzoel, salah seorang  juri Festival Foto Kopi tahun 2022 mengaku sangat mengapresiasi karya-karya peserta yang masuk.

“Ratusan karya yang masuk didominasi kalangan anak-anak muda. Saya berharap, Pemkab Banyuwangi secara periodik menggelar kompetisi ini dengan tema-tema lain yang menarik,” kata Dzoel.

Dari kompetisi tersebut, untuk Kategori Penyajian/Proses, dewan juri menetapkan karya Harfi Yulian Bimantara yang mengusung foto “Nggoreng Kopi” menjadi Juara I. Harfi memotret warga Desa Kemiren yang sedang menyangrai kopi secara tradisional.

Sedangkan Kategori Landscape Juara diraih Imam Asadi, yang menampilkan karya dengan judul “Memetik Kopi”. Kemudian juri menetapkan Fikri Bakti Ilalahi dengan karya “Rasio Takaran Penyajian Kopi” sebagai juara untuk Kategori Still Life.

Dalam Festival Foto Kopi tahun 2022, para fotografer yang menjadi juara tidak semuanya menggunakan peralatan kamera standar profesional. Bahkan beberapa peserta mengandalkan kamera Handphone (HP) dengan teknik pengambilan angle yang cukup mumpuni mampu menghasilkan hasil jepretan dan karya yang mampu membuat para juri lomba kagum dan terpukau.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Heryanto