Empat Hari Beroperasi, Isoter SKB Malang Sudah Terisi 21 Pasien Covid-19 Gejala Ringan

Feb 20, 2022 18:47
Wali Kota Malang Sutiaji bersama jajaran sedang melakukan peninjauan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Kamis (17/2/2022). (Foto: Humas Pemkot Malang)
Wali Kota Malang Sutiaji bersama jajaran sedang melakukan peninjauan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Kamis (17/2/2022). (Foto: Humas Pemkot Malang)

JATIMTIMES - Isolasi Terpadu (Isoter) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Malang yang berlokasi di Jalan Laksamana Adi Sucipto Nomor 30 Gang Makam, Kecamatan Blimbing telah beroperasi menerima pasien positif Covid-19 dengan gejala ringan sejak Kamis (17/2/2022). 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, selama empat hari beroperasi hingga hari Minggu (20/2/2022), Isoter SKB Blimbing, Kota Malang telah diisi oleh 21 pasien positif Covid-19 dengan gejala ringan. 

"Kalau kumulatif, (keterisian Isoter SKB Malang) 21 pasien (Covid-19) gejala ringan," ungkap Husnul kepada JatimTIMES.com, Minggu (20/2/2022). 

Pihaknya menjelaskan, sebanyak 21 pasien positif Covid-19 dengan gejala ringan tersebut merupakan warga Kota Malang yang dibuktikan dengan kartu identitas yang ada, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK). 

Meninjau Isoter SKB Blimbing.

Maka jika terdapat warga pendatang dari luar Kota Malang yang saat ini berdomisili di Kota Malang seperti mahasiswa maupun pekerja terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan tidak dapat dilarikan menuju Isoter SKB Blimbing. 

"(Warga luar Kota Malang) tidak bisa (isoman di SKB), khusus warga Kota Malang. Iya (ditunjukkan dengan identitas Kota Malang)," terang Husnul. 

Untuk persyaratan warga Kota Malang yang positif Covid-19 dengan gejala ringan tidak dapat langsung menuju ke Isoter SKB Blimbing. Tapi, harus di cek terlebih dahulu kelayakan rumah atau tempat pasien terkonfirmasi positif Covid-19. 

Jika dinyatakan tidak layak, pihak yang bersangkutan harus melakukam koordinasi dengan Satgas Covid-19 di lingkungan RT/RW. Lalu, hasil koordinasi tersebut diteruskan ke Pusksesmas setempat. 

Kemudian, masyarakat positif Covid-19 yang akan masuk ke Isoter SKB Blimbing harus melalui tahapan skrining dua kali. Yakni skrining di Puskesmas dan skrining di Isoter SKB Blimbing. 

Sementara itu, untuk di Isoter SKB Blimbing memiliki ketersediaan tempat tidur yang dapat ditempati 52 pasien positif Covid-19. Sehingga saat ini terdapat ketersediaan tempat tidur untuk 31 pasien positif Covid-19. 

Lebih lanjut, untuk tenaga kesehatan dan non kesehatan, pihak Dinas Kesehatan Kota Malang menyiapkan 18 orang yang terdiri dari dokter, perawat, petugas kebersihan dan petugas keamanan yang berjaga di Isoter SKB Blimbing. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
isoter skb kota malangDinkes Kota MalangCovid 19 Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru