Doa Sore Hari yang Diajarkan Rasulullah SAW, Amalkan agar Mendapat Rida dari Allah SWT

Feb 20, 2022 10:44
Ilustrasi (Foto: Takvim Gazetesi)
Ilustrasi (Foto: Takvim Gazetesi)

JATIMTIMES - Sore hari merupakan waktu peralihan dari waktu siang dan malam hari. Sore hari juga waktu masuknya salat Ashar dan berakhir ketika tiba waktu salat Maghrib. 

Pada sore hari itulah, umumnya berbagai aktivitas yang dilakukan manusia sudah diselesaikan. Bisa dikatakan waktu sore adalah waktu berakhirnya segala aktivitas yang dilakukan oleh setiap orang dan akan beristirahat untuk mempersiapkan aktivitasnya kembali di esok hari.

Dengan berakhirnya segala aktivitas pada sore hari, tentunya menjadi hal yang harus disyukuri oleh setiap orang. Alangkah baiknya sebagai wujud syukur pada Allah SWT, perlu mengiringi dengan memanjatkan doa sore hari. 

Hal itu juga yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan sudah seharusnya diikuti oleh umatnya. Berikut beberapa doa sore hari yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW:

Membaca doa sore hari akan mendapat rida Allah SWT

Dalam sebuah hadis yang ada dalam kitab At-Turmudzi dari Tauban ra, melalui hadis itu Rasulullah SAW berkata bahwa barangsiapa yang membaca doa sore hari, maka Allah SWT akan meridhainya. 

وروينافيكتابالترمذي،عنثوبانرضياللهعنهقالقالرسولاللهصلىاللهعليهوسلممنقالحينيمسيرضيتباللهربا،وبالإسلامدينا،وبمحمدصلىاللهعليهوسلمنبيا،كانحقاعلىاللهتعالىأنيرضيه

Artinya: "Diriwayatkan kepada kami di Kitab At-Turmudzi dari Tauban RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Siapa saja yang membaca di sore hari, ‘Radhītu billāhi rabbā, wa bil islāmi dīnā, wa bi Muhammadin shallallāhu ‘alaihi wa sallama nabiyyan,’ niscaya Allah meridhainya," (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, (Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H,(halaman 65).

Dianjurkan oleh Imam Nawawi saat membaca doa di atas, maka akan lebih baik jika menggabungkan lafal ' nabiyyan' dan 'rasulan'. Hal itu karena bisa mendatangkan keutamaan. 

Namun jika membacanya dibatasi di lafal 'nabiyyan', maka hal itu dianggap sebagai mengamalkan sunah.

Doa sore hari yang diriwayatkan Abu Hurairah

Doa sore hari ini dikutip oleh Imam Nawawi yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW berdoa sebagai berikut:

اَللَّهُمَّبِكَأَمْسَيْنَا،وَبِكَنَحْيَا،وَبِكَنَمُوْتُ،وَإِلَيْكَالنُّشُوْرُ

"Allāhumma bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūr."

Artinya: "Ya Allah, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali," (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Doa sore hari yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi

Doa sore hari berikutnya yaitu doa yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi dari Tsauban ra:

رَضِيْتُبِاللهِرَبًّا،وِبِالإِسْلَامِدِيْنًا،وَبِمُحَمَّدٍصَلَّىاللهُعَلَيْهِوَسَلَّمَنَبِيًّاوَرَسُوْلًا

"Radhītu billāhi rabbā, wa bil islāmi dīnā, wa bi Muhammadin shallallāhu ‘alaihi wa sallama nabiyyan wa rasūlā."

Artinya: "Aku rela Allah sebagai tuhan, Islam sebagai agama, dan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul," (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasai, dan Al-Hakim).

Doa sore hari yang diriwayatkan Ibnu Mas’ud

أَمْسَيْنَاوَأَمْسَىالمُلْكُللهِ،وَالحَمْدُللهِ،لَاإِلَهَإِلَّااللهُوَحْدَهُلَاشَرِيْكَلَهُلَهُالمُلْكُوَلَهُالحَمْدُوَهُوَعَلَىكُلِّشَيْءٍقَدِيْرٌ،رَبِّأَسْأَلُكَخَيْرَمَافِيهَذِهِاللَّيْلَةِوَخَيْرَمَابَعْدَهَاوَأَعُوْذُبِكَمِنْشَرِّمَافِيهَذِهِاللَيْلَةِوَشَرِّمَابَعْدَهَا،رَبِّأَعُوذُبِكَمِنَالكَسْلِوَسُوْءِالكِبَرِ،أَعُوذُبِكَمِنْعَذَابٍفِيالنَّارِوَعَذَابٍفِيالقَبْرِ

"Amsainā wa amsal mulku lillāhi wal hamdu lillāhi, lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alā kulli syai‘in qadīr. Rabbi, as’aluka khaira mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā, wa a‘ūdzu bika min syarri mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā. Rabbi, a‘ūdzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘adzābin fin nāri wa ‘adzābin dil qabri."

Artinya: "Kami dan kuasa Allah bersore hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Allah SWTNabi Muhammad SAWDoa sore hariKeutamaan doa sore hari

Berita Lainnya

Berita

Terbaru