Jenis Masker yang Disarankan untuk Cegah Omicron, Ini Kata Ahli

Feb 19, 2022 20:42
Sekda Kota Batu Zadiem Efisiensi (tengah) saat menggunakan masker KN95.
Sekda Kota Batu Zadiem Efisiensi (tengah) saat menggunakan masker KN95.

JATIMTIMES - Kasus Covid-19 terus naik tajam setiap harinya di berbagai kota di Indonesia, tanpa kecuali Kota Batu. Untuk mengantisipasi terpapar Covid-19 khususnya varian omicron yang tengah marak, warga pun diimbau untuk memperbarui masker yang digunakan.

Menurut Ikatan Dokter Indonesia (IDI), untuk mencegah varian omicron, masyarakat diimbau menggunakan masker N95 dan KN95. Meski begitu, jenis masker medis baik untuk pencegahan varian omicron, selama digunakan sesuai aturan.

Dijelaskan, masker N95 merupakan masker dengan perlindungan tertinggi. Diikuti dengan KN95 dan masker bedah. Sedangkan masker kain memiliki tingkat perlindungan paling rendah. Kemudian khusus untuk masker bedah atau masker medis biasa, pemakaian bisa digunakan dobel pada saat laju penularan sedang tinggi.

Namun jika menggunakan masker kain, disarankan agar mengenakan dua lapis masker. Satu masker kain sekali pakai di atas, lalu di dalamnya masker dengan filter.

“Beberapa kajian membuktikan masker kain tidak menolong, jadi kita lebih baik gunakan masker N95 atau KN95. Jikalau ingin menggunakan masker kain dilapisi masker tersebut,” ungkap Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zubairi Djoerban

Sehingga masyarakat diimbau untuk meningkatkan keamanan dengan selalu mengenakan masker yang aman. Selain itu terus meningkatkan protokol kesehatan.

Di antaranya dengan 6M, memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan, Mengurangi Mobilitas dan Mendapatkan Vaksinasi.

Sebagai informasi, kasus covid-19 di Kota Batu terus mengalami lonjakan. Dari data Dinas Kesehatan Kota Batu hingga Jumat (18/2/2022), kasus aktif mencapai 612 kasus. Dengan jumlah kumulatif kasus Covid-19 mencapai 3.987 orang.

Kasus kesembuhan bertambah 53 pasien, jumlah kumulatifnya mencapai 3.106 pasien. Dengan tambahan kasus kematian satu orang totalnya mencapai 269 kasus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kasus Covid 19Kota Batukasus covid 19 kota batuVaksinasimasker cegah omicronmasker yanh disarankan idi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru