Disinggung DPR, Benarkah Tangan Kanan Jokowi akan Jadi Kepala Otorita IKN Nusantara?, Siapa Dia?

Feb 19, 2022 10:23
Presiden Joko Widodo (Foto: IST)
Presiden Joko Widodo (Foto: IST)

JATIMTIMES - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Luqman Hakim menyinggung sosok Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Luqman mengatakan sosok tersebut ialah salah 1 orang kepercayaan Jokowi yang kerap dimintai masukan oleh sang presiden. "Selama ini yang bersangkutan sering diminta memberi masukan dan pertimbangan oleh presiden," kata Luqman.

Sayangnya, Luqman masih enggan membeberkan secara rinci nama sosok tersebut. Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa presiden memegang hak prerogatif dalam pemilihan Kepala Otorita IKN Nusantara. Hal tersebut sesuai dengan UU IKN yang telah disahkan pada Januari lalu.

Luqman juga mengatakan bahwa Jokowi sangat serius dalam proyek tersebut. Oleh sebab itu, Jokowi akan memilih orang terbaik untuk memimpin Ibu Kota baru. "Percayalah, Presiden Jokowi tidak main-main dengan agenda pembangunan IKN Nusantara," lanjut Luqman. 

Sementara, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong mengatakan bahwa Jokowi akan mengumumkan nama kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bulan Maret atau April mendatang.

Wandy mengatakan bahwa keputusan pemilihan kepala Otorita IKN Nusantara ini sepenuhnya ada di tangan Jokowi. "Betul (Maret atau April). Semua nama yang beredar selama ini bisa saja terpilih, tapi lagi-lagi ini hak prerogatif presiden," kata Wandy. 

Wandy juga menjelaskan, proses pemilihan kepala Otorita IKN Nusantara ini mirip dengan pemilihan menteri. Jokowi disebut akan menerima masukan dari berbagai pihak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
IKN NusantaraJokowiLuqman Hakim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru