Pemkot Malang Pastikan Jembatan Tlogomas Siap Dilintasi Akhir Bulan Ini

Feb 19, 2022 10:04
Jembatan Tlogomas yang siap beroperasional dalam waktu dekat. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Jembatan Tlogomas yang siap beroperasional dalam waktu dekat. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES- Tidak lama lagi Jembatan Tlogomas yang telah rampung pengerjaannya segera bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Rencananya, jalan alternatif Jl Tlogomas - Saxophone bakal dioperasikan pada akhir Februari 2022. "Insya Allah ya, di akhir bulan ini diresmikan," kata Wali Kota Malang Sutiaji, Minggu (19/2/2022).

Mundurnya peresmian untuk bisa difungsikannya jembatan tersebut bukanlah tanpa alasan. Sutiaji menjelaskan, Pemkot Malang masih ingin memastikan keamanan jembatan sebelum benar-benar difungsikan untuk bisa dilintasi kendaraan.

"Jadi setelah selesai, nanti dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) bakal melihat dulu. Ada kekurangan dan seterusnya. Kami pastikan dulu itu," jelasnya.

Rencananya, peresmian Jembatan Tlogomas ini bakal bebarengan dengan tiga gedung SMP baru Kota Malang. Yakni gedung SMPN 28 Malang, SMPN 29 Malang dan SMPN 30 Malang. Dengan bisa dilintasinya jembatan sepanjang 140 meter tersebut, maka akan mampu mengurai kemacetan di sisi barat Kota Malang. "Kalau sudah dicek semuanya, nanti baru kita resmikan. Sekalian dengan SMP yang baru," tandasnya.

Untuk diketahui, pembangunan Jembatan Tlogomas ini menelan anggaran sekitar Rp 39 Miliar. Proyek  Jembatan Tlogomas ini dibuat guna mengurai kemacetan di wilayah Barat.

Semula, jembatan ini ditargetkan tuntas pada 28 Desember 2021 ini, namun harus mundur. Hingga, akhirnya telah tuntas dikerjakan pada 15 Februari 2022.

Molornya pembangunan jembatan alternatif ini lantaran faktor cuaca ekstrem. Di mana, kejadian bencana banjir bandang dari wilayah Kota Batu pada November 2021 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Jembatan TlogomasSutiajiproyek pemkot malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru