Pasar Sumedang Diproyeksikan Jadi Pasar Semi Modern, Berikut Catatannya

Feb 18, 2022 19:36
Wabup Malang Didik Gatot Subroto didampingi Plt Kepala Disperindag Kabupaten Malang saat meninjau Pasar Sumedang.(Foto: Istimewa).
Wabup Malang Didik Gatot Subroto didampingi Plt Kepala Disperindag Kabupaten Malang saat meninjau Pasar Sumedang.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Pasar Sumedang yang berada di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang disebut layak sebagai pasar semi modern. Menurut Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto, hal tersebut bisa diwujudkan jika penataan pasar yang baru rampung dibangun ini dilakukan dengan lebih maksimal. Kemudian harus didukung penambahan sarana dan prasarana (sarpras) untuk kemudahan akses. 

Saat melakukan peninjauan di pasar ini, Didik menyoroti beberapa hal yang dinilai bisa dioptimalkan atau malah perlu untuk dibenahi. Salah satu yang bisa untuk dioptimalkan adalah adanya ruang terbuka yang dinilai bisa dipergunakan untuk semacam pusat kuliner.

"Dibutuhkan mapping lebih lanjut, sehingga para penjual makanan dapat terpisah dari pedagang-pedagang lainnya. Satu, kawasannya lebih bersih, dan yang kedua, keramaian dapat terurai dan seluruh wilayah dapat termanfaatkan. Kalau memang begitu tinggal nanti Kepala Disperindag dan UPT terkait untuk dapat membuatkan akses, bagaimana para pedagang nantinya dapat mendapatkan ruang untuk dapat disambangi para pembeli," ujar Didik. 

Selain itu, Didik juga mengevaluasi beberapa hal sebelum para pedagang bisa direlokasi ke bangunan pasar yang baru saja rampung dibangun itu. Di antaranya terkait kesiapan dari segi keamanan seperti hydrant untuk zona kuliner, juga terkait pohon-pohon di kawasan pasar yang perlu dirapikan agar tidak mengganggu lalu-lalang penjual dan pembeli.

"Tidak menutup kemungkinan untuk memanfaatkan lantai 3 gedung baru Pasar Sumedang, akan digunakan sebagai ruang untuk pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), memamerkan dan menjual produknya," terang politisi PDI Perjuangan ini. 

Sementara itu, Didik menyebut untuk kesiapan relokasi, saat ini sudah masuk pada proses tahap akhir. Yakni hanya tinggal proses penyerahan dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang.

"Tahap ini merupakan penyerahan dari Cipta Karya kepada Disperindag untuk dikomunikasikan melalui Paguyuban Pasar Sumedang, sehingga target pertama yaitu untuk merelokasi para pedagang secara menyeluruh. Setelahnya, maka melalui Disperindag mulai menata peruntukan setiap zona pada masing-masing lantai," pungkas Didik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pasar Sumedangpasar rakyat kabupaten malangKabupaten MalangBerita Malangpasar modern malangWakil Bupati MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru