Kurangi Sampah hingga 24 Persen, Kota Batu Maksimalkan TPS-3R

Feb 17, 2022 21:19
Petugas saat menyapu sampah di Jalan Sultan Agung (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)
Petugas saat menyapu sampah di Jalan Sultan Agung (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota Batu terus berupaya mengurangi jumlah volume sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. Tahun ini, ditargetkan pengurangan sampah yang masuk ke TPA sebanyak 24 persen.

Upaya untuk mengurangi sampah agar tidak banyak masuk ke TPA itu salah satunya dengan mengejar efektifitas Tempat Pengolahan Sampah - Reduce Reuse Recycle (TPS-3R) yang saat ini masih ada di beberapa desa/kelurahan di Kota Batu.

“Dengan memaksimalkan pembangunan TPS3R di masing-masing desa/kelurahan. Sehingga tidak perlu lagi sampah masuk ke TPA,” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Aries Setiawan.

Aries menambahkan, cara menarik permasalahan mulai dari hulu, yaitu rumah tangga dan industri. Dengan begitu diharapkan bisa mengurangi tumpukan sampah di TPA.

Dengan memanfaatkan efektifitas TPS-3R, sehingga sampah yang masuk ke TPA hanya sampah residu. Hal itu dinilai efektif mengurangi volume sampah yang terkirim di TPA. Sehingga masyarakat juga tergugah kesadarannya dalam mengelola sampah.

Sementara itu, sampah yang masuk setiap harinya rata-rata di TPA bisa mencapai sekitar 70 ton. Sampah anorganik mencapai 46,45 persen dan sampah organik mencapai 53,55 persen.

“Sampah tersebut berasal dari pemukiman, jalan, toko, pasar, hotel, resto, dan taman di Kota Batu,” tutup Aries.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Volume SampahKota Batuvolume sampah kota batumengelola sampahberita kota batuBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru