Masuk PPKM Level 3, Bupati Sanusi Andalkan 3T dan Maksimalkan RS

Feb 17, 2022 19:51
Bupati Malang, HM. Sanusi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Bupati Malang, HM. Sanusi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Malang kembali mengalami peningkatan. Catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, saat ini ada sebanyak 1.795 kasus aktif Covid-19. Data yang diunggah di laman satgascovid19.malangkab.go.id itu menyebutkan bahwa per Rabu (16/2/2022) lalu, 523 kasus baru. Namun diikuti jumlah kesembuhan yang tercatat di hari yang sama ada sebanyak 503.

Kasus yang cukup tinggi itu membuat Kabupaten Malang kembali masuk level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 10 tahun 2022, selain Kabupaten Malang, ada 11 kabupaten atau kota lain di Jawa Timur yang kembali ke level 3 PPKM.

Ke-11 daerah tersebut adalah Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Batu, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kabupaten Gresik, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Lamongan, Kota Kediri dan Kota Mojokerto .

Menyikapi hal tersebut, Bupati Malang, HM Sanusi masih akan terus menjadikan tracing, testing dan treatment atau biasa disebut 3T sebagai instrumen dalam penanganan lonjakan Covid-19. Termasuk menyiapkan rumah sakit untuk merawat pasien konfirmasi positif dengan gejala.

"Jadi yang ada gejalanya kita rawat (di rumah sakit) yang tanpa gejala arahannya isolasi mandiri," ujar Sanusi. 

Sanusi menegaskan, bahwa meskipun terjadi lonjakan Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir, berdasarkan catatan dari Dinkes Kabupaten Malang, jumlah pasien yang akhirnya meninggal ada satu orang. Hingga saat ini ada sebanyak 116 pasien yang dirawat di RS. 

"Di Kabupaten Malang tidak ada yang meninggal, kecuali satu, itupun yang ada komorbidnya," tegas Sanusi. 

Sementara itu, mengacu pada Inmendagri 10 tahun 2022, Kabupaten Malang akan berada di level 3 PPKM hingga 21 Februari 2022 mendatang. Sedangkan jika melihat dalam skala PPKM Mikro di tingkat RT, dari jumlah RT di Kabupaten Malang sebanyak 14.947 yang tersebar di 390 desa dan kelurahan, hanya ada 1 RT yang termasuk zona merah. Selain itu, 11 RT di zona orange, 387 RT di zona kuning dan sisanya sebanyak 14.548 ada di zona hijau. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kasus Covid 19kasus covid 19 kabulaten malangPenanganan covid 19 Kabupaten MalangKabupaten MalangBupati Malang HM SanusiBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru