Mulai Hari Ini, Pemkot Malang Operasikan SKB untuk Pasien Positif Covid-19 Gejala Ringan

Feb 17, 2022 18:04
Wali Kota Malang Sutiaji ketika melakukan peninjauan lokasi isolasi terpusat (isoter) Pemerintah Kota (Pemkot) Malang di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Malang, Kamis (17/2/2022). (Foto: Humas Pemkot Malang)
Wali Kota Malang Sutiaji ketika melakukan peninjauan lokasi isolasi terpusat (isoter) Pemerintah Kota (Pemkot) Malang di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Malang, Kamis (17/2/2022). (Foto: Humas Pemkot Malang)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mulai hari ini telah membuka secara resmi isolasi terpusat (isoter) yang terletak di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Jalan Laksamana Adi Sucipto Nomor 30 gang makam, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Wali Kota Malang Sutiaji bersama Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif bersama jajaran meninjau langsung kesiapan pembukaan perdana SKB Blimbing untuk digunakan pasien positif Covid-19 gejala ringan.

Pembukaan isoter di SKB Blimbing ini sebagai upaya dari Pemkot Malang dalam merespons melonjaknya kasus Covid-19 yang terjadi di Malang Raya khususnya di wilayah Kota Malang. Utamanya pada kasus Covid-19 varian Omicron yang persebarannya lebih cepat dari pada varian-varian sebelumnya.

Lebih lanjut, di Kota Malang juga terdapat isoter yang pengelolaannya langsung dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Yakni Rumah Sakit Lapangan (RSL) Ijen Boulevard yang terletak di Jalan Simpang Ijen, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Meninjau.

Orang nomor satu di Pemkot Malang tersebut menyampaikan, bahwa untuk RSL Ijen Boulevard tidak hanya diperuntukkan bagi pasien positif Covid-19 dari Kota Malang, melainkan juga menerima pasien positif Covid-19 dari luar daerah Kota Malang.

"Sekarang kapasitas disana sudah semakin penuh, maka saya meminta Dinkes untuk segera membuka isoter khusus warga Kota Malang agar pelayanan kesehatan dapat berjalan dengan baik," ungkap Sutiaji, Kamis (17/2/2022).

Pihaknya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kota Malang yang terus berkomitmen membantu pemerintah dalam memerangi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan disiplin.

"Ini menunjukkan masyarakat sudah mengerti dan tingkat literasi mereka juga baik dalam menekan penyebaran virus Covid-19," tegas Sutiaji.

Lebih lanjut, Pemkot Malang juga terus berupaya dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 di Kota Malang. Mulai dari menekan Bed Occupancy Rate (BOR) di masing-masing rumah sakit rujukan dan isoter, kemudian penguatan tracing dan treatment kepada masyarakat.

Hal itu dilakukan untuk mengatasi lonjakan angka kasus Covid-19 di Kota Malang. Komitmen Pemkot Malang ini merupakan wujud implementasi misi kesatu RPJMD 2018-2023 yang berbunyi menjamin akses dan kualitas pendidikan, kesehatan dan layanan dasar lainnya bagi semua warga.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif menjelaskan, bahwa isoter SKB Blimbing mulai dibuka hari ini. Di mana dengan dibukanya SKB Blimbing sebagai isoter Kota Malang, pasien positif Covid-19 dengan gejala ringan sudah bisa dirujuk menuju isoter SKB Blimbing.

"SKB ini memiliki kapasitas 52 tempat tidur dan 18 orang petugas kesehatan, yang terdiri dari tenaga kesehatan dokter dan perawat. Ada juga petugas kebersihan dan keamanan dari warga sekitar isoter SKB," pungkas Husnul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
isoter kota malangPercepatan Penanganan Covid 19Covid 19 Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru