Jadwal MotoGP Mandalika Dipastikan Tidak Berubah

Feb 17, 2022 16:21
Pol Espargaro (depan) dan Marc Marquez saat duel di tikungan Sirkuit Mandalika (foto: Instagram/ MotoGP)
Pol Espargaro (depan) dan Marc Marquez saat duel di tikungan Sirkuit Mandalika (foto: Instagram/ MotoGP)

JATIMTIMES - Penyelenggaraan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dipastikan tidak akan berganti tanggal. Hal tersebut disampaikan PT Aviasi Pariwisata Indonesia.

Direktur Marketing InJourney atau PT Aviasi Pariwisata Indonesia, Maya Watono memastikan bahwa gelaran MotoGP Indonesia atau Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, takkan berganti tanggal penyelenggaraan.

Seperti yang diketahui, pada uji coba pramusim MotoGP pada 11-13 Februari lalu, para rider dari sejumlah tim mengeluhkan lintasan Sirkuit Mandalika yang kotor. Hal lain juga dikeluhkan, salah satunya aspal yang mudah terkelupas sehingga muncul kerikil. Dari situ, tidak sedikit rider yang mengaku mendapat 'serangan' kerikil pada helm, motor, dan tubuh.

Pada Selasa (15/2/2022), ITDC dan MGPA pun mencapai kesepakatan dengan FIM dan Dorna Sports untuk melakukan pengaspalan ulang pada sektor sebelum tikungan 17 sampai tikungan 5 dengan standar yang sudah ditentukan. Namun pengerjaan pengaspalan ini pun wajib diselesaikan sepekan sebelum balapan digelar di Mandalika pada 18-20 Maret nanti.

“Pada dasarnya uji coba pra-musim ini dilakukan agar trek bisa dites oleh para rider, serta mengecek persiapan sirkuit dan area di sekelilingnya. Dari sana kami akan melakukan penyempurnaan agar pada hari H (balapan) semua berjalan lancar. Pastinya ada catatan-catatan dari FIM dan Dorna,” ungkap Maya.

Di sisi lain, eesian layout track, kelengkapan fasilitas sirkuit, hingga tingkat keselamatan terutama area runiff, para rider sejatinya sudah mengacungi jempol pada Sirkuit Mandalika. Hanya saja, mereka memprotes keras kualitas aspal lintasannya yang dianggap terlalu lunak hingga mudah terkelupas.

“Kami menganggap catatan-catatan ini serius dan kami akan bekerja mengikuti aturan FIM dan Dorna. Kami melakukan evaluasi untuk penyempurnaan pada hari H. Memang ada pembenahan yang harus dilakukan, seperti pembersihan lintasan dan aspal di beberapa bagian sirkuit. Kami pun merespons dengan cepat,“ beber Maya.

Maya pun yakin bahwa ITDC, MGPA, InJourney, dan PT PP selaku kontraktor aspal Sirkuit Mandalika sudah bekerja sama dengan baik. Sehingga pihaknya yakin sepekan pengerjaan aspal akan berjalan dengan baik.

“Dengan PT PP kami langsung melakukan rapat dan bekerja. Kecepatan kerja dan sinergi ITDC, MGPA, dan PT PP agar semua berjalan lancar pun diapresiasi oleh FIM dan Dorna,” ungkap Maya.

Tak hanya itu, Maya juga menanggapi rumor rencana pemindahan tanggal penyelenggaraan MotoGP 2022 demi memberi waktu Sirkuit Mandalika di aspal ulang dengan baik. Menurut laporan Motomatters, para rider memang dikabarkan sempat meminta balapan ini dipindah ke bulan Juli. Namun, Maya menegaskan jadwal tidak akan berubah.

“Pekan balap MotoGP nanti pasti akan berjalan, sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan. Apakah akan diundur atau tetap jalan? Sudah pasti akan jalan. The show must go on. Apakah sirkuit akan siap? Tentu akan siap, karena kami semua sudah bekerja dan mengerahkan segalanya agar gelaran ini terwujud,” tutup Maya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
moto gpSirkuit Mandalika

Berita Lainnya

Berita

Terbaru