Faisal Basri Usulkan Minyak Jelantah Diolah Jadi Bahan Bakar Pesawat

Feb 17, 2022 10:43
Faisal Basri (Foto: IST)
Faisal Basri (Foto: IST)

JATIMTIMES - Ekonom senior Faisal Basri mengusulkan minyak jelantah untuk diolah menjadi bahan bakar pesawat. Pasalnya, hal tersebut sudah dilakukan oleh pemerintah Jepang.

"Minyak jelantah bisa diolah jadi avtur. Di Jepang untuk pesawat," ujar Faisal. 

Menurut dia, pengolahan minyak jelantah menjadi avtur ini terbilang murah. Kendati demikian, tetap butuh teknologi dengan kualitas bagus. "Kalau dikumpulkan, bisa diolah jadi avtur dengan ongkos murah," kata Faisal.

Lebih lanjut, Faisal mengatakan pemerintah hanya perlu untuk memikirkan mekanisme pengumpulan minyak jelantah dari masyarakat. Jikalau ingin meniru Jepang, negara itu mengumpulkan dari restoran-restoran.

Di sisi lain, Faisal juga menyarankan agar jangan sampai minyak goreng dipakai dua kali karena akan buruk untuk kesehatan. 

Pengolahan minyak jelantah ini, lanjut Faisal, akan berkontribusi positif untuk iklim dan meredam suhu bumi 1,5 derajat. Pengolahannya juga akan membuat masyarakat untuk tidak menggunakan minyak goreng lebih dari dua kali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
faisal basriEkonom Faisal Basriminyak jelantahMinyak jelantah jadi avtur

Berita Lainnya

Berita

Terbaru