Coba Petik 3 Lembar Daun Pandan lalu Rebus, Ternyata Bisa Bantu Sembuhkan 5 Penyakit Ini

Feb 17, 2022 08:44
Daun pandan (Foto: Healthline)
Daun pandan (Foto: Healthline)

JATIMTIMES - Daun pandan tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Biasanya, daun pandan kerap digunakan sebagai campuran kue atau kolak.  Daun pandan bisa memberikan aroma harum pada kue. 

Namun,  daun pandan juga bisa diminum. Bahkan, rebusan dari daun pandan ini dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Air rebusan daun pandan memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita.

Daun pandan dipercaya secara alami bisa mengobati berbagai penyakit yang mengancam kekebalan tubuh. Cara menggunakannya yaitu cukup merebus 2-3 lembar daun pandan dan rasakan khasiatnya untuk tubuh. 

Berikut 5 penyakit yang secara alami bisa diobati dengan air rebusan daun pandan:

1. Menyembuhkan demam

Daun pandan punya sifat antibakteri yang bisa mengatasi infeksi penyebab demam dalam tubuh. Cobalah membuat 2 gelas air mendidih, lalu tambahkan 2-3 lembar daun pandan, kemudian saring. Minum dua kali sehari hingga kondisi membaik.

2. Mengatasi diare

Daun pandan diketahui memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Kedua sifat itu bisa membantu menyembuhkan infeksi yang terjadi pada lambung, termasuk saat mengalami diare.

Caranya dengan minum air rebusan daun pandan setiap pagi dan sore hari hingga kondisi membaik.

3. Mengatasi insomnia

Daun pandan juga mengandung senyawa alkaloid. Senyawa itu terbukti bisa menjadi obat yang mengalami kesulitan tidur alias insomnia.

Caranya ialah beberapa lembar daun pandan diseduh dengan air mendidih. Tambahkan satu sendok makan madu, dan minum selagi hangat.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Rutin mengonsumsi air rebusan daun pandan juga bisa mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Caranya yaitu dengan menambahkan 3 gram daun pandan ke dalam 2-3 gelas air di panci.

Lalu masak hingga mendidih dan airnya berkurang setengahnya. Minumlah ramuan ini dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Bila rutin meminum air rebusan daun pandan, maka tekanan darah bisa kembali normal.

5. Meredakan rasa cemas

Tidak banyak yang tahu, daun pandan juga memiliki efek menenangkan untuk tubuh. Bagi yang merasa selalu cemas, trik ini bisa dicoba.

Ambil 3-5 lembar daun pandan, potong-potong menjadi irisan tipis, lalu masukkan ke dalam air mendidih.

Setelah itu saring dan minum airnya. Coba untuk mengonsumsi air rebusan daun pandan ini 3 kali sehari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Manfaat pamdandaun pandanKhasiat tanamanKhasiat pandan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru