Geliatkan Pertanian Mawar, Wali Kota Batu Ingin Satu Kamar Satu Tangkai Mawar

Feb 15, 2022 17:25
Bunga mawar di area pertanian KotaBatu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Bunga mawar di area pertanian KotaBatu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Untuk menggeliatkan sektor budidaya bunga mawar di sentra pertanian bunga mawar Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, rencananya Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bakal menggandeng pengelola hotel di Kota Batu. Yakni dengan satu kamar satu tangkai mawar.

Ajakan Dewanti itu, agar pengelola hotel memasang satu tangkai bunga mawar di setiap kamar hotel. Dengan menggandeng para petani bunga mawar tentu akan mendongkrak perekonomian petani di Desa Gunungsari.

Sehingga hasil pertanian bunga mawar ini tidak hanya dikirim ke beberapa daerah, namun juga bisa dinikmati di Kota Batu. Selain itu juga menambah kesan bagi pengunjung yang datang ke hotel.

Keinginan Dewanti itu, melihat seperti satu tiket satu apel yang diterapkan di Taman Rekreasi Selecta. Hal ini agar bisa menjadi salah satu contoh diterapkan pada hotel di Kota Batu.

“Mawar dari petani lokal bisa menjadi hiasan di kamar hotel. Setiap hari minimal satu tangkai per kamar. Program ini hampir mirip dengan program satu tiket satu apel yang dijalankan di Taman Rekreasi Selecta beberapa hari lalu,” ucap Dewanti.

Wacana pengembangan pemasaran mawar itu mencuat saat Dewanti berkunjung di objek wisata edukasi petik mawar Rose Asterina di Dusun Pagergunung, Desa Gunungsari. Dewanti pun memberi pujian atas kejelian petani bunga di lokasi tersebut dalam membaca peluang pasar.

“Karena itu, akan dipikirkan agar program satu kamar satu tangkai mawar bisa terlaksana. Ini inovasi luar biasa sebagai daerah wisata sekaligus penghasil bunga mawar,” tutup Dewanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
petani mawar batuBunga Mawarsatu hotel satu mawarDewanti Rumpoko

Berita Lainnya

Berita

Terbaru