Musrenbang Tematik Lansia, 8 Usulan Lolos pada Penyusunan RKPD Kota Malang 2023

Feb 15, 2022 13:58
Suasana Musrenbang Tematik Lansia Penyusunan RKPD Kota Malang Tahun 2023, di Hotel Atria, Selasa (15/2/2022). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Suasana Musrenbang Tematik Lansia Penyusunan RKPD Kota Malang Tahun 2023, di Hotel Atria, Selasa (15/2/2022). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES- Warga lanjut usia (Lansia) menjadi salah satu yang dilibatkan untuk kemajuan pembangunan daerah di Kota Malang. Karena itu, Lansia turut berperan aktif dalam memberikan usulan program guna menjadi lansia yang berdaya.

Hal tersebut dibahas dalam agenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Lansia Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2023 yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang, di Hotel Atria, Selasa (15/2/2022).

Kepala Bappeda Kota Malang Dwi Rahayu mengutakan, kegiatan tersebut guna mewadahi peran serta Lansia dalam memberikan sumbangsih saran dan masukan dalam perencanaan pembangunan di Kota Malang. Di mana, usulan yang disepakati akan masuk dalam penyusunan dokumen RKPD Kota Malang tahun 2023.

"Sehingga perumusan dalam usulan kegiatan prioritas untuk pemberdayaan lansia bisa ditampung. Tentu saja masuk dalam penyusunan RKPD Kota Malang tahun 2022," ujarnya.

Adapun, dalam Musrenbang Tematik Lansia ini, setidaknya ada 58 yang diusulkan. Namun, yang dapat diakomodir baru 8 usulan saja.

Dwi menambahkan, hal tersebut karena menyesuaikan dengan kamus usulan yang telah masuk dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

Dari kedelapan usulan yang masuk ini, banyak menyoroti pada program pelatihan pemberdayaan lansia. Salah satunya, berkaitan dengan ketersediaan IT atau digitalisasi. Hal ini dibutuhkan guna lebih memberdayakan program yang dimiliki oleh Lansia.

"Lebih banyak ke pelatihan-pelatihan untuk pemberdayaan lansia. Tadi ada yang berkaitan dengan IT. Kami melihatnya kenapa lansia butuh IT? Ternyata mugkin lebih kalau saya punya produk ini bisa secara online. Ingin tahu bagaimana caranya jualan online. Maka ini IT-nya harus jalan," jelasnya.

Sementara berkaitan dengan 50 usulan lainnya, masih akan dikaji lebih lanjut yang dimungkinkan bisa diaktivasi oleh perangkat daerah (PD) terkait. Pihaknya berharap, di tahun 2024 mendatang usulan program bagi Lansia bakal lebih banyak yang bisa terkomodir oleh Pemkot Malang. 

"Nah, harapam kami di 2024 nanti ini bisa terakomodir lebih banyak lagi usulan-usulan itu. Ini juga harus kerja sama dengan seluruh perangkat daerah. Harapannya, Perangkat Daerah ini bisa melihat apa yang dibutuhkan oleh lansia. Jadi sudah ndak ada lagi protes kok kamus usulannya itu saja, kenapa hanya 8 yang diakomodir begitu," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Musrenbang TematikBappeda Kota MalangDwi RahayuMusrenbang Lansia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru