8 Jenis Makanan Ini Ampuh untuk Meningkatkan Kesuburan

Feb 15, 2022 08:44
Ilustrasi (Foto: Noble Pig)
Ilustrasi (Foto: Noble Pig)

JATIMTIMES - Untuk meningkatkan kesuburan seseorang, biasanya obat medis atau perawatan medis menjadi salah satu solusi bagi mereka para pejuang kehamilan. 

Selain cara medis, mengonsumsi jenis makanan tertentu juga dapat membuat kesuburan seseorang menjadi meningkat dan membuat cepat hamil.

Healthy vlogger yang juga seorang dokter, dr Saddam Ismail, mengatakan, mengonsumsi jenis makanan tertentu adalah cara paling sehat untuk bisa meningkatkan kesuburan. Dilansir melalui kanal Youtube Saddam Ismail, berikut 8 jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan kesuburan seseorang:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki nutrisi dan kandungan yang memenuhi kebutuhan tubuh seseorang. Kandungan yang ada pada sayuran hijau mulai dari kalsium, folat dan zat besi. Kandungan tersebut memang penting untuk memperbaiki siklus menstruasi pada wanita.

"Tapi perlu diingat, agar mendapatkan nutrisi dari sayuran hijau tersebut,  jangan diolah atau dikonsumsi dengan cara yang tidak sehat," ujar dr Saddam Ismail.

2. Jeruk

Adapun jenis buah yang baik untuk kesuburan yakni jeruk. Bisa jeruk jenis apa pun karena memang banyak sekali macamnya. Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C, kalium, kalsium, folat dan vitamin B.

"Jenis kandungan yang terdapat pada buah jeruk sangat bagus untuk mengatur ovulasi. Selain itu, kandungan di atas juga sangat membantu  pembuatan tempat pada sel telur," ungkap dr Saddam Ismail.

3. Alpukat

Buah alpukat juga memiliki kandungan folat, vitamin K, dan tinggi kalium. Folat sendiri adalah kandungan nutrisi yang penting untuk mempersiapkan kehamilan. Sedangkan vitamin K dan kalium membantu menyerap nutrisi secara efektif.

Tak hanya nutrisi seperti di atas. Alpukat juga bisa membantu hormon menjadi seimbang dan mengatur tekanan darah.

4. Telur

Telur memiliki kandungan protein, vitamin, asam amino, folat dan juga colin. Colin bisa membantu meningkatkan kualitas folikel atau tempat tumbuhnya sel telur.

5. Buah Berry

Buah-buahan berry diketahui punya kandungan antioksidan yang tinggi serta memiliki fitonutrien antiperadangan. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kesuburan.

6. Ikan Salmon

Ikan salmon seperti diketahui punya kandungan omega 3 dan DHA yang tinggi, sehingga sangat penting untuk pertumbuhan otak bayi dan meningkatkan kesuburan.

7. Greek Yoghurt

Asupan lemak menjadi salah satu hal yang penting guna untuk meningkatkan kesuburan. Mengonsumsi Greek yoghurt yang punya kandungan vitamin D dan  probiotik berperan penting untuk membantu folikel pada indung telur untuk matang secara baik.

8. Walnut atau Kacang Kenari

Kacang walnut memiliki kandungan magnesium, asam lemak omega 3 dan juga serat. Kandungan-kandungan ini bermanfaat untuk memproduksi progesterone. Juga bisa meningkatkan suplai oksigen dan darah ke rahim sehingga dapat menunjang kesuburan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Makanan untuk kesuburanMempersiapkan kehamilanMakanan untuk kehamilanTips SehatDokter Saddam Ismail

Berita Lainnya

Berita

Terbaru