Pedagang Pasar Bululawang yang Bedaknya Terbakar Bisa Dapat Bantuan Modal, Begini Caranya

Feb 14, 2022 19:09
Plt Kepala Disperindag Kabupaten Malang, Agung Purwanto.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Plt Kepala Disperindag Kabupaten Malang, Agung Purwanto.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang berupaya memfasilitasi bantuan permodalan bagi pedagang Pasar Bululawang yang kiosnya habis terbakar pada peristiwa Minggu (16/1/2022) dinihari lalu. Seperti diketahui, dalam peristiwa itu, setidaknya ada 51 kios milik 32 pedagang yang ludes dilalap api. 

Plt Kepala Disperindag Kabupaten Malang Agung Purwanto mengatakan, bantuan permodalan tersebut akan melibatkan pihak perbankan. Salah satunya, bisa melalui mekanisme Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari sejumlah perusahaan perbankan. 

"Kami (Disperindag) tetap berusaha untuk memfasilitasi permodalannya (pedagang). Bagi pedagang yang membutuhkan. Mungkin dengan bunga ringan atau lainnya. Kalau untuk jumlahnya sesuai dengan kemampuan pedagang," ujar Agung.

Menurut Agung, hal tersebut dimaksudkan agar pedagang yang kiosnya terbakar, dapat segera kembali berdagang. Sembari berproses untuk bantuan permodalan di perbankan, juga berproses untuk perbaikan fisik kiosnya masing-masing. 

"Agar apa, bangunan mulai sekarang dikerjakan, kalau selesai, uang modalnya ada jadi bisa berdagang seperti sedia kala. Jadi dua-duanya antara perbaikan dan permodalan sama-sama jalan," imbuh Agung.

Sedangkan untuk besaran permodalannya, akan dikembalikan berdasarkan kemampuan masing-masing pedagang. Jadi, dirinya berharap pedagang bisa mempertimbangkan antara kebutuhan atau kemampuan dengan regulasi dari setiap pihak perbankan yang akan digandeng.

"Tadi arahannya Pak Bupati (HM. Sanusi). Ada Bank Jatim, BNI sama BRI, kalau tidak salah juga ada BLUD nya juga," pungkas Agung. 

Sementara itu, pihaknya berharap agar proses perbaikan Pasar Bululawang ini dapat segera rampung. Ia memperkirakan bahwa proses pengerjaan bisa rampung dalam waktu kurang lebih 3 minggu. 

"Pokoknya maksimal saya berharap sebelum bulan Puasa (Ramadhan) sudah rampung. Dan pedagang sudah bisa berjualan," imbuh Agung. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pasar BululawangKabupaten Malangpasar bululawang terbakarkebakaran pasar bululawangpedagang pasar bululawangBerita Malang terkiniBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru