5 Jenis Camilan yang Baik Dikonsumsi saat Diet, Salah Satunya Popcorn

Feb 14, 2022 07:48
Ilustrasi popcorn. (Foto: Stevepb/Pixabay).
Ilustrasi popcorn. (Foto: Stevepb/Pixabay).

JATIMTIMES - Bagi kalian yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, jenis camilan atau snack ringan biasanya tak masuk dalam list makanan sehari-hari.

Kecenderungan camilan yang identik kurang sehat memang menjadi dilema bagi yang tengah diet. Padahal, kamu bisa mengganti jenis camilan yang tepat lho.


Ya, untuk sukses saat diet, pola makan sehat memang menjadi kunci utama. Tapi, buat yang hobi ngemil, 5 jenis makanan ini bisa jadi pilihanmu.

Dilansir dari Medical News Today, beberapa jenis camilan sehat akan tetap aman dikonsumsi oleh pelaku diet. Di antaranya, makanan yang mengandung biji-bijian, yogurt, hingga buah.

1. Selai Kacang

Bagi yang suka makan roti tawar atau roti gandum menggunakan selai, maka gantilah dengan selai kacang. Atau, kalian yang tengah diet bisa menjadikan selai kacang sebagai campuran kue.

Selai kacang ini bisa menjadi alternatif camilan sehat dan rasanya enak. Selai kacang juga mengandung protein yang baik untuk proses menurunkan berat badan.

Kamu bisa juga mengonsumsinya bersama potongan buah apel. Menurut USDA, apel baik dikonsumsi saat diet karena mengandung serat yang tinggi. Sehingga dapat menjadi perpaduan camilan yang pas.

2. Keju

Bagi pecinta keju, saat diet kiranya akan sangat menghindari makanan ini. Padahal kamu tetap bisa mengonsumsinya tanpa merasa khawatir diet kamu tidak berhasil.

Tapi pilihlah jenis keju  rendah lemak yang direkomendasikan ahli diet. Sebab, keju rendah lemak lebih banyak mengandung nutrisi penting dibandingkan keju biasa, seperti protein, kalsium, vitamin, dan mineral yang tinggi.

3. Telur Rebus

Salah satu makanan yang mengandung protein tinggi dan harganya murah adalah telur. Pelaku diet bahkan ada yang menjadikan telur sebagai inisiasi untuk dietnya sehari-hari.

Untuk alternatif yang lebih sehat, kamu cukup mengolahnya menjadi telur rebus. Kamu bisa menikmatinya dengan tambahan sedikit garam dan merica.

Banyak penelitian mengatakan, telur aman dikonsumsi saat diet. Mengonsumsi telur secara rutin tidak akan meningkatkan kadar kolesterol, tapi justru menyehatkan tubuh dengan kandungan nutrisinya.

4. Yogurt

Rasa asam dan manis yang bercampur menjadi satu dalam yogurt menjadi camilan sehat selanjutnya yang bisa dikonsumsi saat diet. Yogurt mengandung protein dan kalsium yang tinggi.

Tapi, alangkah baiknya memilih Greek yogourt karena rendah lemak dan kalori. Kamu bisa mengonsumsi yogurt saat pagi hari atau sore menjelang makan malam.

Greek yogurt bisa langsung kamu nikmati layaknya minuman. Tapi, kalau ingin lebih nikmat bisa memadukannya dengan stroberi atau blueberry segar.

5. Popcorn

Nah, siapa yang tak pernah melewatkan santapan popcorn saat nonton bioskop? Ahli diet merekomendasikan popcorn sebagai camilan sehat yang aman dikonsumsi pelaku diet lho.

Tentu saja, bukan popcorn yang disajikan dengan aneka rasa. Popcorn polos sangat baik untuk kesehatan karena rendah kalori dan mengandung biji-bijian utuh yang tinggi serat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Camilan untuk dietcamilan sehatMakanan buat dietTips Diet

Berita Lainnya

Berita

Terbaru