Liga Santri Piala KSAD Segera Bergulir, Danrem 083/Baladhika Jaya Harap Juara dari Malang

Feb 13, 2022 15:08
Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Yudi Prasetiyo saat ditemui awak media seusai menggelar silaturahmi bersama awak media di Lapangan Brawijaya Rampal Malang, Minggu (13/2/2022). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)
Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Yudi Prasetiyo saat ditemui awak media seusai menggelar silaturahmi bersama awak media di Lapangan Brawijaya Rampal Malang, Minggu (13/2/2022). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Perhelatan Liga Santri Piala Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Tahun 2022 bakal segera digelar pada Bulan Juni. Jajaran kodam, korem hingga kodim di setiap wilayah saat ini sedang melakukan pendataan terhadap pondok pesantren (ponpes) yang memiliki tim sepak bola.

Komandan Korem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Yudi Prasetiyo mengatakan, terdapat sembilan wilayah kodim yang masuk di wilayah Korem 083/Baladhika Jaya. Di antaranya Kodim 0818/Malang-Batu, Kodim 0819/Pasuruan, Kodim 0820/Probolinggo, 0821/Lumajang, Kodim 0822/Bondowoso, Kodim 0823/Situbondo, Kodim 0824/Jember, Kodim 0825/Banyuwangi dan Kodim 0833/Kota Malang.

"Jadi ada beberapa pondok-pondok yang baru-baru ini sudah terdata kurang lebih 12 tim, nanti akan kita data lagi berapa banyak yang akan bisa kita lakukan pertandingan untuk liga santri tersebut," ungkap Yudi kepada JatimTIMES.com, Minggu (13/2/2022).

Perwira TNI dengan tiga melati dipundaknya ini menyampaikan, dengan digelarnya Liga Santri Piala KSAD Tahun 2022 ini di Bulan Juni, diharapkan para santri dapat fokus berlatih untuk memenangkan kompetisi ini.

Selain itu, pada Bulan Juni 2022 sudah selesai Bulan Puasa Ramadan serta para santri telah menyelesaikan pembelajaran atau libur. Dan waktu tersebut dimanfaatkan oleh jajaran TNI untuk menggelar Liga Santri Piala KSAD.

Nantinya, untuk sistem delegasi tim akan digelar pertandingan terlebih dahulu di tataran masing-masing wilayah kodim dibawah naungan Korem 083/Baladhika Jaya.

Kemudian dari tim-tim yang menang di masing-masing kodim akan dipersiapkan di Kota Malang untuk diberangkatkan dan ditandingkan di Surabaya. Nantinya akan dipertemukan dengan tim-tim dari jajaran Korem 081/Dhirotsaha Jaya, Korem 082/Citra Panca Yudha Jaya dan Korem 084/Bhaskara Jaya.

Setelah itu, tim-tim yang menang akan berangkat menuju final Liga Santri Piala KSAD Tahun 2022 di Jakarta. Untuk tempat digelarnya final Liga Santri Piala KSAD Tahun 2022 ini, direncanakan digelar di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada tanggal 22 Oktober 2022 bertepatan dengan Hari Santri Nasional.

"Saya berharap mudah-mudahan perwakilan Malang atau dari jajaran Korem 083 ini bisa memenangkan Liga Santri ini," terang Yudi.

Selain itu, pihaknya juga berharap agar PSSI dan klub-klub sepakbola profesional di Indonesia dapat melihat potensi dan bibit-bibit dari para santri untuk bergabung dalam klub sepakbola profesional di Indonesia.

Terakhir, rangkaian kegiatan Liga Santri Piala KSAD ini pun dapat menjadi momentum mempererat tali persaudaraan jajaran TNI dengan ponpes serta para kiai di seluruh Indonesia.

"Untuk membangun bangsa kita harus kompak semua, santri, kyai, masyarakat kita harus sama-sama untuk membangun bangsa. Jika nanti Tim PSSI kuat, negaranya juga kuat lewat olahraga," pungkas Yudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
KSADliga santri piala ksadliga santri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru