Wasit di Liga 3 Jadi Sorotan, Komite Wasit Angkat Bicara

Feb 12, 2022 20:19
Kericuhan usai pertandingan NZR Sumbersari FC vs Farmel FC yang diduga terjadi akibat ulah wasit. (foto: potongan video)
Kericuhan usai pertandingan NZR Sumbersari FC vs Farmel FC yang diduga terjadi akibat ulah wasit. (foto: potongan video)

JATIMTIMES -  Anggota Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh akan mengevaluasi wasit yang berlaga baik di Liga 1 hingga Liga 3. Apalagi saat ini, khususnya di Liga 3,  wasit menjadi sorotan.

Ahmad Riyadh mengaku melakukan evaluasi seluruh pertandingan yang sudah dijalankan. Hal itu berkaitan dengan kepemimpinan wasit.

“Kalau wasit ada evaluasi, seluruh pertandingan dievaluasi untuk ditentukan sikap PSSI, dia mimpinnya benar atau tidak. Yang kedua walaupun dia tidak memimpin dengan benar atau terjadi kesalahan kekhilafan, tidak boleh main hakim sendiri. Wasitnya punya hak untuk melaporkan ke polisi dan PSSI pasti mem-backup,” kata Ahmad Riyadh.

Dalam hal ini, wasit dapat melakukan laporan kepada polisi secara pribadi. Hal itu diluar dari football family atau 2 x 45 menit.

“Bisa langsung (laporan) dan PSSI tinggal mem-backup, karena ini di luar aturan sepak bola. Pakai mukul, menganiaya. Terlepas wasit itu dalam memimpinnya tidak benar, ada forumnya sendiri untuk menghukum wasit. Bukan dihukum, dianiaya seperti itu. Memalukan itu. Beritanya sampai ke mana-mana,” ungkap Ahmad Riyadh.

Riyadh menjelaskan bahwa proses hukum yang dilakukan kepada wasit ada dua. Yakni kejahatan yang dilakukan kepada wasit dan hukum disiplin dari PSSI.

“Iya, nanti kejahatan yang dilakukan terhadap wasit ada dua hukuman. Kalau family football baik dihukum pidana juga dihukum disiplin dari PSSI. Kalau ada pemain, pasti juga kena ikut sanksi,” jelas Riyadh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
liga 3Evaluasi wasitwasit sepak bola

Berita Lainnya

Berita

Terbaru