Sekolah Full Daring Lagi, Pemkot Malang Atur Teknis Penuntasan Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun

Feb 12, 2022 13:45
Vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di Kota Malang beberapa waktu yang lalu. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di Kota Malang beberapa waktu yang lalu. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

 JATIMTIMES - Kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang yang kembali memberlakukan pembelajaran secara daring mulai pekan depan guna mencegah penyebaran Covid-19 bakal mempengaruhi progress vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Meski begitu, Pemkot Malang tetap mengatur teknis lain agar pelaksanaan vaksinasi tetap berjalan dan segera tuntas kepada sasaran dosis pertama. Apalagi, target yang diharapkan selesai pada akhir Januari 2022 lalu telah molor dan belum tuntas hingga saat ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun saat ini untuk dosis pertama sudah di angka 90 persen. Sedangkan, dosis kedua sudah berjalan 34 persen. Namun begitu, Husnul mengakui, dengan pembelajaran yang kembali daring akan berpengaruh pada target pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak yang molor.

"Targetnya tentu karena kondisi seperti ini, yang kita rencanakan harusnya sudah selesai, dimungkinkan masih menyisakan beberapa sasaran yang belum kita vaksinasi," katanya.

Sebelumnya, kendala berkaitan belum tuntasnya vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di Kota Malang lantaran saat proses skrining kondisi yang bersangkutan ada yang kurang sehat. Sementara, sasaran yang harus dituntaskan Pemkot Malang sebanyak 76.570 anak.

Karena itu, pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang untuk mengatur pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak yang belum tersasar. Salah satunya, dengan menjadwalkan lagi sekolah-sekolah untuk vaksin seperti program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

"Karena daring, ini kita koordinasi dengan Dinas Pendidikan. Tentu nanti, teknisnya bisa jadi seperti kemarin saat BIAS pas masih PTM 0 persen. Jadi dijadwal, misal sekolah ‘A' dulu kelas berapa, lalu sekolah lain. Itu kemarin dilakukan saat BIAS, bisa seperti itu nanti," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pembelajaran daringvaksinasi anak 6 11 tahunDinkes Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru