Maret 2022, Proyek Alun-Alun Kedungkandang Masuk Lelang

Feb 12, 2022 13:17
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Wahyu Setianto. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Wahyu Setianto. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk menanbah kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan timur bakal segera terealisasi. Ya, tahap awal pembangunan proyek Alun-Alun Kedungkandang ini akan masuk lelang pada Maret 2022 mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Wahyu Setianto mengatakan, untuk tahap awal pembangunan fisik Alun-Alun Kedungkandang tersebut ditaksir menelan anggaran sekitar Rp 5 miliar. 

"InsyaAllah di awal Maret ini sudah lelang tahap awal pengerjaannya. Nilainya Rp 5 miliar dulu, sisanya akan kita ajukan di PAK (Perubahan Anggaran Keuangan," kata Wahyu.

Dijelaskannya, pembangunan fisik awal konstruksi Alun-Alun Kedungkandang senilai Rp 5 miliar tersebut belum total yang bakal dianggarkan. Biaya tersebut, baru untuk pembangunan inti taman. Seperti pembagian area, pembangunan fondasi dan bangunan inti lainnya. 

Sedangkan, untuk total RTH yang akan ditempatkan di kawasan Buring ini masih dibutuhkan dana lagi sekitar Rp10 miliar. Sehingga, bisa sesuai dengan seluruh fasilitas yang direncanakan dalam DED (Detail Engineering Design).

"Jadi nanti yang Rp10 miliar ini kita ajukan di PAK," ungkapnya.

Lebih jauh, Wahyu menyebut, untuk tahap awal pembangunan taman ini ditarget tuntas di pertengahan 2022 mendatang. Sementara pekerjaan konstruksi lainnya akan dilanjutkan setelah pembahasan PAK 2022 tuntas.

"Paling tidak pertengahan tahun ini tahap awal tuntas ya. Juni atau Juli itu," tandasnya.

Sebagai informasi, Alun-Alun Kedungkandang ini akan dibangun di sebelah bangunan Telecenter Daragrati Kedungkandang. Di dalamya bakal dilengkapi berbagai fasilitas, mulai dari taman edukasi, fasilitas ramah anak, ramah disabilitas, dan untuk mensupport berbagai kegiatan anak millenial. Seperti, area jogging track, arena pesepedah, skate board, sepatu roda, home teater, hingga fasilitas umum seperti mushola, toilet dan masih banyak lainnya.

Dengan hadirnya RTH ini, sebagai salah satu bentuk pemecah keramaian di pusat kota, seiring dengan keinginan Pemkot Malang untuk menjadikan wilayah Timur Kota Malang menjadi primadona.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
proyek alun alun kedungkandangDLH Kota Malangrencana lelang proyek alun alun kedungkandang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru