Ngebet Keliling Kota Malang Naik Bus Macito? Dishub: InsyaAllah April Beroperasi

Feb 12, 2022 12:07
Bus Malaang City Tour (Macito) baru, siap melenggang di jalanan Kota Malang bulan April 2022. (Tubagus Achmad/MalangTIMES).
Bus Malaang City Tour (Macito) baru, siap melenggang di jalanan Kota Malang bulan April 2022. (Tubagus Achmad/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Bagi wisatawan ataupun masyarakat Kota Malang yang ingin menikmati suasana naik bus Malang City Tour (Macito) yang baru, tampaknya harus lebih bersabar lagi. Pasalnya, bus berwarna biru yang direncanakan siap beroperasi Februari 2022 ini harus batal dijalankan. Hal itu karena Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang masih melakukan berbagai persiapan sebelum Bus Macito benar-benar bisa dinikmati masyarakat umum.

Kepala Dishub Kota Malang Heru Mulyono mengatakan, sejumlah persiapan untuk operasional Bus Macito ini salah satunya mengenai uji kelayakan jalan. Hal itu dilakukan untuk keamanan dan keselamatan penumpang.

"Masih kami lakukan persiapan uji kelayakan jalan. Bukan kurang aman ya, tapi kami uji (bus Macito) baik itu dari jarak tempuh maupun rutenya," katanya.

Meski begitu, Heru memastikan bus wisata yang dihadirkan dengan anggaran Rp1,8 miliar itu bakal bisa melayani masyarakat pada 1 April 2022 mendatang. Di mana, bertepatan dengan momen HUT Kota Malang. Pihaknya juga menjelaskan, operasional Bus Macito untuk masyarakat umum tersebut gratis.

"Insya Allah bulan April ya, bertepatan dengan HUT Kota Malang Bus Macito bisa dinikmati masyarakat," jelasnya.

Terkait kapasitas, bus satu lantai ini dapat menampung sebanyak 20 penumpang. Namun, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, pihak Dishub Kota Malang akan memberlakukan pengaturan jarak. Hal ini guna mencegah kerumunan dan penyebaran virus Covid-19. Sementara, untuk rute perjalanan Bus Macito, satu titik lokasi yang pasti akan dilewati, dikatakan Heru, yakni kawasan Kayutangan Heritage.

"Kita sesuaikan dan kita atur nanti karena masih pandemi Covid-19. Rute ini kan juga menyesuaikan nuansa bus dengan kawasan Kayutangan Heritage. Tapi, ini kami masih bahas lebih detail," tandasnya.

Untuk diketahui, bus Macito baru ini telah diresmikan Wali Kota Malang Sutiaji sejak akhir Desember 2021 lalu. Bus ini hadir sebagai upaya mendongkrak sektor pariwisata di Kota Malang. Hadir dengan nuansa baru, Bus Macito ini bertema klasik berwarna biru dengan kombinasi warna silver, putih tulang dan merah hati. Berbeda dengan sebelumnya yang didominasi warna hijau, bus baru tersebut tidak lagi menggunakan atap terbuka.

Kemudian, desain tempat duduk juga disesuaikan dengan konsep heritage Kota Malang yang disajikan dengan alur melingkar pada bagian sandaran penumpang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Bus MacitoDishub Kota Malangrencana operasional bus macito

Berita Lainnya

Berita

Terbaru