Bentuk Forum Pelaksana, Pemkab Malang Akan Optimalkan Peran CSR dalam Pembangunan

Feb 11, 2022 19:14
Bupati Malang HM. Sanusi.(Foto: Istimewa).
Bupati Malang HM. Sanusi.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Untuk dapat menggenjot program-program pembangunan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang akan mengoptimalkan peran corporate docial responsibility (CSR), dari sejumlah perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Malang. Rencana tersebut ditegaskan dengan melantik 7 perwakilan perusahaan sebagai Forum Pelaksana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Kabupaten Malang. 

Bupati Malang HM. Sanusi menegaskan agar para anggota forum tersebut bisa fokus pada pengembangan ekonomi. Menurut dia, perusahaan-perusahaan tersebut juga punya kewajiban menyisihkan sebagian pendapatannya untuk membantu kepedulian sosial di lingkungan sekitarnya. 

"Maka saya harap (CSR) dapat mengurangi kesenjangan sosial di negeri ini, tidak terkecuali di Kabupaten (Malang). Jadi, para pengusaha itu mengedukasi para pengusaha kecil agar bisa bekerja bareng agar bisa mengikuti jejak mereka," ujar Sanusi. 

Dalam rencana tersebut, Sanusi meminta kepada Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang sebagai koordinator agar para perusahaan ini dapat bekerja sama dengan Pemkab Malang untuk menjalanlan pembangunan di Kabupaten Malang. Seperti pengembangan ekonomi atau  sektor lainnya.

"Di samping untuk sosial dan bencana alam serta kegiatan lain, arahkan juga untuk pengembangan ekonomi. Bisa lewat pendanaan KUR (kredit usaha rakyat) juga sektor lainnya," terang Sanusi.

Sementara itu, Ketua Umum Forum Pelaksana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Hendri Wijaya mengatakan bahwa keberadaan forum tersebut juga dimaksudkan untuk menyolidkan perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Malang. Muaranya agar memberi kontribusi secara tersistem dalam mendukung program pemerintah. 

"Ini untuk mengakomodasi apa saja yang menjadi masukan dan kebutuhan dari masyarakat," ujar Hendri. 

Menurut dia, hal tersebut sebagai upaya dalam melakukan transparansi terhadap masyarakat bahwa keberadaan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Malang juga telah memberi kontribusi nyata. Di sisi lain, pihaknya juga berharap ada mekanisme monitoring maupun evaluasi dari perangkat daerah terkait pemanfaatan CSR. 

"Sehingga masyarakat ini tahu, ini loh pemkab dengan pengusaha itu sudah memberikan kontribusi. Dan berapa sih total bantuan CSR yang terfasilitasi," pungkas Hendri. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pemkab MalangBupati Malang HM Sanusiprogram CSRPerusahaan di Kabupaten MalangBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru