Unikama Jadi Tuan Rumah Rakor LKBH dan Perlindungan Profesi PGRI Jatim

Feb 11, 2022 13:36
Kegiatan Rapat Koordinasi Pengurus LKBH (Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum) dan Penegakan Kode Etik Advokasi Bantuan Hukum dan Perlindungan Profesi PGRI se-Jatim (Ist)
Kegiatan Rapat Koordinasi Pengurus LKBH (Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum) dan Penegakan Kode Etik Advokasi Bantuan Hukum dan Perlindungan Profesi PGRI se-Jatim (Ist)

JATIMTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menjadi tuan rumah kegiatan Rapat Koordinasi Pengurus LKBH (Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum) dan Penegakan Kode Etik Advokasi Bantuan Hukum dan Perlindungan Profesi PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Timur, Kamis (10/2/2022). 

Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian menyampaikan, bahwa rapat koordinasi (Rakor) PGRI ini sangat tepat diselenggarakan. Sebab, ini tentunya akan memberikan pemahaman kepada para guru manakala membutuhkan perlindungan, konsultasi dan bantuan hukum. 

1

Bahkan, bilamana membutuhkan pendampingan-pendampingan hukum, sampai mungkin hadir di pengadilan untuk mendampingi, para guru maupun tenaga kependidikan yang membutuhkan bantuan menjadi lebih paham bagaimana untuk mengaksesnya.

"Rapat koordinasi PGRI ini sangat tepat diselenggarakan dalam situasi ketika para guru saat ini membutuhkan perlindungan, bantuan hukum. Bapak ibu yang berprofesi atau yang berkecimpung di LKBH pasti akan memberikan konsultasi-konsultasi hukum," terangnya.

2

Ketua PGRI Jawa Timur Drs Teguh Sumarno MM menyampaikan, PGRI terdiri dari tiga jati diri, yang itu berkaitan dan membutuhkan pengetahuan tentang hukum.

"Saudara semua bahwa jati diri PGRI ini ada tiga. Pertama, organisasi profesi, kedua organisasi perjuangan dan yang ketiga adalah organisasi ketenagakerjaan," tuturnya.

Rakor dilanjutkan dengan penjelasan materi mengenai Penguatan Kode Etik Advokasi, Bantuan Hukum dan Perlindungan Profesi oleh Ketua LKBH PGRI Jawa Timur. Kemudian materi tentang Perlindungan Guru Dalam Hukum yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Hukum Unikama Dr Suciati SH MHum. 

Materi lain yang disampaikan yakni tentang Dinamika Perlindungan Hukum Guru disampaikan oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas PGRI Madiun Dr Siska Dianasari SH MH.  Kegiatan ini di hadiri sekitar 78 orang dari 80 orang pengurus LKBH. Selain itu, dihadir juga Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian MSi, Ketua PGRI Jawa Timur Drs H Teguh Sumarni MM, Sekretaris Umum PGRI Jawa Timur Drs Sudarmaji MSi, dan Ketua LKBH PGRI Jawa Timur Drs Edi Suyatno SH MH. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
universitas pgri kanjuruhan malang unikamarakor pengurus lkbhPGRI JatimRektor Unikama

Berita Lainnya

Berita

Terbaru