5 Minuman Alami untuk Meredakan Gejala Batuk dan Pilek karena Omicron

Feb 11, 2022 08:22
Varian Omicron (Foto: DW)
Varian Omicron (Foto: DW)

JATIMTIMES - Masalah kesehatan seperti demam, batuk, dan pilek kerap dianggap penyakit ringan yang sering terjadi pada setiap orang. Namun, di saat kondisi pandemi seperti saat ini justru beberapa penyakit itu bisa menjadi gejala virus Covid-19 termasuk varian Omicron.

Varian Omicron sendiri disebut-sebut memiliki gejala lebih ringan. Tetapi varian tersebut diklaim lebih cepat menular daripada varian lainnya. Adapun gejalanya yang kerap dirasakan pasien Omicron yaitu seperti batuk dan pilek. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran banyak orang.

Maka dari itu, segera atasi beberapa gejala umum tersebut jika sedang mengalaminya karena pasti akan mengganggu aktivitas. Jangan khawatir kalian tetap bisa menanganinya di rumah dengan perawatan atau obat alami.

Terdapat beberapa minuman atau ramuan alami yang dapat membantu meredakan gejala batuk dan pilek saat terkena virus Omicron. Kendati demikian, bagi kalian yang sudah merasakan gejala, harus tetap melakukan isolasi mandiri atau konsultasi ke dokter. 

Berikut minuman atau ramuan alami untuk mengatasi batuk dan pilek dikutip dari berbagai sumber:

1. Air hangat

Perbanyak minum air hangat atau konsumsi air rebusan bumbu rempah untuk meredakan batuk berdahak maupun batuk kering.

2. Berbaring ke sisi kanan atau kiri

Saat tidur berbaringlah di sisi kanan atau kiri. Cara ini diklaim mampu membantu menghilangkan dahak dengan cepat.

3. Minum madu

Mengkonsumsi 1 setengah sendok teh madu setengah jam sebelum tidur di malam hari dapat mengurangi dahak dan membantu tidur lebih nyenyak. Kalian juga bisa mencampurkan madu dengan cairan lemon untuk mengendurkan tenggorokan.

4. Teh dan jahe

Minumlah ramuan teh dan jahe saat mengalami batuk berdahak. Selain itu minum teh hangat juga bisa membantu meredakan hidung tersumbat atau pilek.

5. Minyak esensial

Untuk mengatasi hidung meler atau tersumbat, Klinik Cleveland menganjurkan untuk beristirahat dan minum banyak cairan, terutama air putih. Atau bisa juga menggunakan minyak esensial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
omicronobat batukobat batuk alamiobat flu alami

Berita Lainnya

Berita

Terbaru