Agar Doa Cepat Dikabulkan Allah SWT, Kata Ustaz Adi Hidayat Baca Doa dalam Kondisi Ini Termasuk saat Sujud

Feb 10, 2022 09:44
Ustadz Adi Hidayat. (Foto: Instagram @adihidayatofficial).).
Ustadz Adi Hidayat. (Foto: Instagram @adihidayatofficial).).

JATIMTIMES - Memohon akan sesuatu hal dalam islam dianjurkan dengan berdoa secara khusyuk kepada Allah SWT. Namun, ada kalanya sebagian besar orang merasa doa yang dipanjatkan tak kunjung dikabulkan.

Ustaz Adi Hidayat mengungkapkan dalam akun YouTube Syiar Islam TV, ada suatu kondisi lain di mana doa seorang muslim akan dikabulkan Allah SWT dengan segera. Salah satunya, dilakukan dalam keadaan safar.

“Di antara doa yang cepat diijabah, adalah orang dalam keadaan safar. Namun perlu diketahui, masing-masing ada perbedaan antara dzahab dan safar, jangan dianggap sama," katanya.

Dijelaskannya, dzahab adalah yang perjalanan di bawah 82 kilometer. Sedangkan safar, adalah perjalanan yang melebihi jarak 82 kilometer, sehingga disebut musafir atau perjalanan jauh.

Seorang dalam kondisi safar inilah, dikatakannya akan cepat dikabulkan doanya oleh Allah SWT. "Seseorang dalam keadaan safar, Allah SWT akan cepat mendengar dan mengabulkan do’a yang dipanjatkan," katanya.

Karenanya, bila seorang muslim dalam perjalanan jauh, maka dianjurkan berdzikir dan berdoa. Baik itu ketika sedang dalam pesawat, di kereta api, perjalanan mobil, dan lain sebagainya. “Barangkali, cara Allah SWT saking sayangnya kepada kita, ketika orang lain doa belum dikabulkan, ibu dan bapak dibuat safar. Nah ketika safar itulah, Allah SWT mengabulkan doa yang belum terkabul itu," ungkapnya.

Ustadz Adi Hidayat menyebut, seperti  dalam perjalanan umroh ke tanah suci, perjalanan antar pulau, antar provinsi, antar negara, dan sebagainya. Perjalanan lainnya, adalah ketika di perjalanan yang diniatkan karena Allah SWT.
Dalam kondisi badan sudah kucel dan wajah penuh dengan debu, perjalanan jauh.

Akan tetapi, disebutkan pula oleh ustadz Adi Hidayat, ada pula perjalanan dekat yang ketika dilakukan sembari berdoa juga langsung dikabulkan Allah SWT. Yakni, di masa perjalanan menuntut ilmu. "Jadi ketika bapak dan ibu perjalanan sampai ke majelis ilmu, lalu kembali lagi, saat itu malaikat sedang menanti kita untuk minta apa kepada Allah SWT, lalu kemudian malaikat mengaminkan," terangnya.

Tak hanya itu, Ustadz Adi Hidayat mengatakan, agar doa cepat dikabulkan Allah SWT yakni untuk membaca doa di waktu sujud. Maka, nantinya segala hajat yang diinginkan bakal dikabulkan oleh Allah SWT.

Hal ini, dianjurkan untul dilakukan setiap kali sujud. Ustadz Adi Hidayat berbagi rahasia yang dilakukan oleh Nabi Muhamamad SAW agar terkabulnya segala hajat dengan membacakan doa ini diwaktu sujud.

"Dalam sujud, itu perintahnya langsung dibocorkan oleh Nabi rahasianya. Fokus? Kata Nabi kalau Anda minta ingin cepat dikabulkan dan banyak permintaan lakukan dalam sujud. Lakukan dalam sujud. Saya ulang lakukan dalam sujud dan itu bahasa Nabi banyak yang diungkapkan kepada sahabat termasuk Ibnu Abbas RA. Kalau Engkau sujud perbanyak doa dalam sujud. Dalam sujud ini ada doa yang standar," terangnya.


Berikut adalah doa yang dapat mengabulkan segala hajat oleh Allah SWT:

Subhaana rabbiyal a'la atau Subahaana rabbiyal a'la wabihamdih

Artinya : Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Tinggi, dan memujilah aku kepada-Nya.

Atau bisa juga dengan membaca doa berikut:

Subhanakallahumma rabbana wa bi hamdika. Allahummaghfir li.

Artinya : Maha Suci Engkau Ya Allah, Wahai Rabb kami, dan dengan memuji-Mu, Ya Allah, berilah ampunan untukku

Setelah membaca doa tersebut di waktu sujud, Ustadz Adi Hidayat menerangkan, agar meminta dengan seluas-luasanya akan hajat yang diminta kepada Allah SWT. Misalnya, di rumah banyak kebutuhan, minta kepada Allah SWT dan tidak perlu dilafadzkan dalam hati kita.

“Ya Allah sayangi suami saya, ya Allah sayangi istri saya, ya Allah berkati keluarga kami,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Adi HidayatUstaz Adi Hidayatdoa cepat kabul

Berita Lainnya

Berita

Terbaru