Hujan Deras Disertai Angin, Jalur Payung Longsor dan Pohon Tumbang

Feb 09, 2022 11:00
Petugas saat membersihkan material longsor. (Foto: istimewa)
Petugas saat membersihkan material longsor. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Tanah longsor kembali melanda Jalan Trunojoyo (Payung 3), Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu. Longsor dipicu hujan dengan intensitas tinggi, Rabu (9/2/2022).

Kepala Pelaksanaan Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu mengatakan, curah hujan yang cukup tinggi selama tiga hari di Kota Batu mulai 7-9 Februari 2022 menyebabkan tanah menjadi labil di kawasan tersebut.

“Karena kondisi tanah yang labil mengakibatkan tanah longsor berupa material tanah disertai pohon,” ungkap Agung. Pohok yang tumbang dengan diameter pohon 40 centimeter dan tinggi 6 meter.

Pohon yang tumbang langsung menutup sebagian jalan, mendapati informasi dari masyarakat tim gabungan langsung melakukan pembersihan di lokasi kejadian. “Arus lalu lintas terganggu karena material longsor menutup jalan,” tambah Agung.

Tim pun langsung memotong material pohon. Dan membersihan material longsor. Serta penyemprotan jalan dari material longsor yang dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Akibat dari kejadian ini, saluran air pada warung Basuki terputus. Agung pun mengimbau kepada pengendara untuk berhati-hati melintasi jalur tersebut saat cuaca hujan disertai angin kencang.

“Mengingat jalur terdebut merupakan kawasan yang rawan longsor. Sehingga kami minta berhati-hati,” imbau Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Wisata Payunglongsor payung kota batuBPBDbencana kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru