Kuatkan Pasar UMKM, Diskopindag Kota Malang Bakal Bentuk Rumah Kurasi

Feb 08, 2022 09:55
Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, M Sailendra. (Foto: Dokumentasi JatimTIMES).
Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, M Sailendra. (Foto: Dokumentasi JatimTIMES).

JATIMTIMES - Penguatan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Malang terus digencarkan. Salah satunya, dengan rencana pembentukan Rumah Kurasi yang saat ini tengah dimatangkan konsepnya oleh Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang.

Rumah Kurasi ini bagian dari upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang agar keberadaan UMKM terus bisa meningkatkan kualitas penjualannya hingga pasar internasional. Diskopindag Kota Malang juga telah melakukan persiapan guna terealisasinya Rumah Kurasi ini.

"Sudah kita rancang (Rumah Kurasi). Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah bisa digunakan. Kalau persiapannya sudah semua," ujar Kepala Diskopindag Kota Malang M Sailendra.

Dijelaskan Sailendra, saat ini pihaknya telah membentuk tim kurator dan sudah tuntas menjalankan pelatihan. Kurator tersebut nantinya yang akan bertugas memberikan pembinaan, pendampingan, dan tugas lainnya kepada pelaku UMKM di Kota Malang.

"Secara SDM untuk kuratornya sudah kita latih beberapa orang dan hasilnya ada lima orang yang sudah punya sertifikasi kurator. Lima orang kurator itu dari Diskopindag," jelasnya.

Nantinya, melalui Rumah Kurasi ini, kata Sailendra, tiap UMKM akan bisa lebih meningkatkan kapasitas produknya. Tidak hanya secara kuantitas, tapi juga secara kualitas. Sehingga, pangsa pasar produk UMKM di Kota Malang diharapkan akan semakin meluas hingga tembus internasional.

"Rumah Kurasi itu membina, mendampingi, mengawal UMKM. Mulai dari mana saja UMKM yang dipilih. Mereka dibina mulai dari kecil sampai jadi expert," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Diskopindag Kota Malangrumah kurasiUMKM Kota Malangberita kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru