Lantik Pengurus Ormawa Periode 2021-2022, Rektor dan Direktur Kemahasiswaan Unikama Beri Arahan Strategis

Feb 07, 2022 20:36
Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian saat melantik kepengurusan ormawa periode 2021-2022. (Ist)
Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian saat melantik kepengurusan ormawa periode 2021-2022. (Ist)

JATIMTIMES - Kepengurusan organisasi kemahasiswaan (ormawa) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) periode 2021-2022 dilantik langsung oleh Rektor Dr Pieter Sahertian di Auditorium Multikultural, Senin, (7/1/2022).

Kepengurusan ormawa yang dilantik mulai dari 4 ormawa lembaga tinggi mahasiswa (LTM), 6 ormawa senat mahasiswa fakultas (SMF), 15 ormawa himpunan mahasiswa program studi (HMPS), hingga 18 ormawa unit kegiatan mahasiswa (UKM).

3

Dalam pelantikan tersebut, Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian menegaskan kesiapan dan kesanggupan dari para pengurus ormawa yang akan dilantik. Pihaknya juga menegaskan komitmen dari para pengurus untuk mampu memberikan kontribusi dan menjalankan amanah organisasi dengan baik.

"Sumpah dan janji yang saudara ucapkan ini mengandung tanggung jawab membawa nama organisasi, negara,  PGRI, yayasan dan nama Unikama. Sumpah Anada disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Mengetahui," tegasnya.

Menurut rektor, banyak pemimpin yang lahir dari organisasi, baik itu ekstra maupun yang lainnya. Dan tidak menutup kemungkinan, para pemimpin ke depan juga masih berasal dari kampus yang merupakan bagian dari organisasi di kampus.

"Organisasi kemahasiswaan menjadi mitra kampus. Mitra dalam hal bagaimana mengembangkan segala sesuatu di kampus. Bilamana ada kebijakan yang tidak sesuai, mari kita diskusikan. Tapi kebijakan yang dibuat tentunya melihat kondisi dan perkembangan yang ada, menyelami kondisi mahasiswa di kampus," tutur rektor.

1

Mahasiswa harus benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkaya diri maupun ilmu pengetahuan dimiliki dengan literasi literasi yang bermanfaat. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat untuk pengembangan diri maupun organisasi ke depan.

Kemampuan berinteraksi, leadership  kemampuan berorganisasi, kemampuan mengidentifikasida kemampuan dalam memecahkan persoalan-persoalan adalah hal yang dibutuhkan dalam berorganisasi.

"Pengalaman berorganisasi ini akan berguna ketika saudara nantinya meninggalkan kampus," ujarnya.

4

Dr Sudi Dul Aji MSi, direktur kemahasiswaan dan alumni Unikama, menyampaikan kepada para pengurus yang baru dilantik agar terus belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan baik. Hal itu tentunya sebagai salah satu cara, bagaimana dalam menyampaikan ide maupun pemikiran agar bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

Pihaknya juga menegaskan, dalam pelantikan ini terdapat amanah besar yang harus dijalankan oleh semua pengurus ormawa. Semua yang terlibat dalam ormawa tentunya memiliki bobot dan peran yang sama dalam upaya mendorong kemajuan dan kebermanfaatan sebuah organisasi.

"Kami meyakini, kalau saudara terlibat mengembangkan masing-masing organisasi, maka saudara akan punya bekal lebih. Saudara adalah orang terpilih. Kalau saudara idka ikut andil, maka malah merugi," tuturnya.

Sebagai seorang sarjana, tentunya juga harus memiliki softskill yang baik. Sebab, jika hanya memiliki kemampuan hardskill tapa diimbangi softskill, tentunya akan sulit bersaing.

"Manfaatkan dalam satu periode ini untuk mengembangkan diri mengembangkan masing-masing organisasinya dan memberikan yang terbaik untuk Unikama," jelasnya.

2

Pihaknya juga menekankan, agar dalam satu tahun ke depan, para pengurus menyusun program kerja strategis. Besarnya organisasi bukan karena tergantung banyaknya jumlah pengurus. Tetapi memiliki sebuah program yang berkualitas dan mampu mengembangkan pribadi mereka.

"Jangan banyak mencari anggota. Yang penting adalah mereka anggota yang aktif dan  memberikan warna pada organisasi itu," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
UnikamaRektor Unikamaormawa unikama

Berita Lainnya

Berita

Terbaru