Akibat Cuaca Ekstrem, Pohon Trembesi Setinggi 25 Meter Tumbang Timpa Mobil

Feb 07, 2022 13:34
Petugas kepolisian dari Polsek Klojen saat menunjukkan kondisi mobil yang tertimpa Pohon Trembesi di kawasan Jalan Simpang Balapan, Kota Malang, Senin (7/2/2022). (Foto: Istimewa)
Petugas kepolisian dari Polsek Klojen saat menunjukkan kondisi mobil yang tertimpa Pohon Trembesi di kawasan Jalan Simpang Balapan, Kota Malang, Senin (7/2/2022). (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Akibat cuaca ekstrem yang terjadi di Kota Malang beberapa hari ini, membuat satu pohon Trembesi setinggi 25 meter tumbang menimpa satu unit mobil Suzuki Ertiga berwarna merah dengan nomor polisi N-1719-B.

Berdasarkan informasi yang diterima JatimTIMES.com, peristiwa tumbangnya Pohon Trembesi setinggi 25 meter tersebut terjadi pada hari Senin (7/2/2022) sekitar pukul 11.30 WIB di kawasan Jalan Simpang Balapan, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Untuk mobil Suzuki Ertiga berwarna merah dengan nomor polisi N-1719-B merupakan milik dari Cecilia Indria (25) yang memarkirkan kendaraannya di lahan parkir depan Kantor CV Tunas Abadi.

Perempuan yang juga merupakan pegawai administrasi di CV Tunas Abadi ini mengatakan, sebelum Pohon Trembesi setinggi 25 meter tumbang menimpa mobilnya, angin kencang telah terjadi di kawasan Jalan Simpang Balapan tersebut.

"Tadi pas waktu duhur angin kencang, terus saya dengar suara kayak kecelakaan. Ternyata setelah saya lihat pohon tumbang menimpa mobil saya," ungkap Cecilia.

Akibat tumbangnya Pohon Trembesi setinggi 25 meter tersebut, mobil milik Cecilia mengalami kerusakan pada atap mobil dan kaca depan serta kaca bagian belakang mengalami pecah dan retak.

Cecilia mengaku, lokasi mobilnya terparkir tersebut memang sehari-hari digunakan untuk tempat parkir oleh pegawai maupun pengunjung CV Tunas Abadi. Seringkali memang terdapat ranting-ranting pohon yang patah dan jatuh, namun tidak langsung mengarah ke kendaraan yang diparkir di lokasi tersebut.

Lebih lanjut, setelah terjadi peristiwa Pohon tumbang tersebut, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang bersama anggota Polsek Klojen datang ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi.

Cecilia pun langsung berencana akan melaporkan peristiwa pohon tumbang yang menimpa mobilnya tersebut ke Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang.

Pasalnya seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Kepala DLH Kota Malang Wahyu Setianto pernah menyampaikan bahwa di DLH memiliki program asuransi pohon yang ketika terjadi pohon tumbang dan menimpa kendaraan dalam hal ini mobil, nantinya bisa diklaimkan ke Kantor DLH Kota Malang.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Malang Alie Mulyanto mengatakan bahwa saat ini memang telah terjadi cuaca ekstrem dan perubahan suhu yang mengalami perubahan dengan cepat. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya pohon tumbang.

"Kalau dari BMKG hujan atau cuaca ekstrem itu sampai awal maret. Jadi perbedaan suhu ini yang menyebabkan pohon tumbang," ujar Alie.

Pihaknya pun terus mengimbau agar masyarakat lebih waspada saat berkendara maupun memarkirkan kendaraannya di tengah terjadinya cuaca ekstrem yang terjadi di Indonesia, khususnya di Kota Malang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru