Prabowo Subianto Akhirnya Buka Suara soal Potensinya Maju Pilpres 2024, Begini Katanya

Feb 07, 2022 10:41
Prabowo Subianto (Foto: IST)
Prabowo Subianto (Foto: IST)

JATIMTIMES - Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sempat disebut-sebut akan digandeng Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau kerap disapa Cak Imin untuk maju bersama di Pilpres 2024 mendatang. Terkait isu tersebut, Prabowo akhirnya angkat bicara. 

Tanggapan ini disampaikan Prabowo usai hadir dalam diskusi dan penandatanganan kerja sama antara Kementerian Pertahanan dan UGM tentang pengembangan IPTEK di bidang pertahanan negara pada Jumat (4/2/2022) lalu. "Kamu itu lho. Aku datang bicara teknologi, kamu bicara itu (berpasangan dengan Cak Imin)," kata Prabowo.

Saat ditanya ulang tentang peluang berpasangan dengan Cak Imin di Pilpres 2024, Prabowo hanya merespons singkat. Dia justru menanyakan penilaian wartawan tentang peluang pasangan tersebut. 

"Menurut kamu gimana? Aku ada peluang enggak? Kok (pasangan sama) Cak Imin. Aku aja belum tentu (maju di Pilpres 2024) loh ini," ungkap Prabowo. 

Seperti diketahui, dari survei terakhir yang dilakukan oleh lembaga survei riset Political Weather Stasion (PWS) elektabilitas Prabowo memang sangat tinggi. Sebanyak 22,9 persen responden memilih Prabowo jika Pilpres digelar saat survei. 

Sementara, tingkat popularitas tokoh Prabowo mencapai 94,2 persen dan tingkat akseptabilitasnya sebesar 71,8 persen. Di bawah Prabowo, ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dipilih oleh 19,9 persen responden.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ada di posisi ketiga dengan perolehan 19,8 persen responden. Untuk posisi keempat ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang dipilih oleh 8,7 responden dan disusul oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebanyak 7,5 persen.

Di sisi lain, Partai Gerindra mengakui pihaknya masih memprioritaskan Prabowo untuk maju capres 2024 mendatang. Hal itu sempat disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono. 

Ferry memastikan hal itu meski Prabowo sendiri belum menyatakan dirinya  menerima desakan partai. "Kalau dari Partai Gerindra tentu Pak Prabowo menjadi prioritas," kata Ferry dalam diskusi di acara Satu Meja The Forum yang tayang di Kompas TV, Rabu (12/1/2022) malam.

Ferry melihat, Prabowo belum menentukan sikap atas desakan Gerindra karena masih fokus dengan tugas sebagai menteri pertahanan dalam pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. 

"Pak Prabowo Subianto sendiri sekarang sebagai menteri pertahanan ya sudah berkonsentrasi. Tetap fokus dalam tanggung jawab sebagai menteri pertahanan," ungkap Ferry. 

Menurutnya, konsentrasi dan fokusnya Prabowo dalam menjalankan tugas di pemerintah berdampak pada beberapa hasil survei nasional yang menunjukkan elektabilitasnya selalu berada di posisi atas. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Partai GerindraPrabowo Subiantoprabowo capres

Berita Lainnya

Berita

Terbaru