Habiskan Dana Rp 1,9 Miliar, Perpustakaan Umum Kota Batu Diharapkan Bisa Tingkatkan Minat Baca

Feb 06, 2022 15:52
Pengunjung sedang membaca buku di Perpustakaan Umum Kota Batu (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES).
Pengunjung sedang membaca buku di Perpustakaan Umum Kota Batu (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES).

JATIMTIMES - Kota Batu kini memiliki perpustakaan umum di kawasan Jalan Kartini, Alun-alun Kota Batu. Perpustakaan tersebut belum lama ini diresmikan langsung Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu Shanti Restuningsasih mengatakan, keberadaan perpustakaan umum tersebut diharapkan bisa meningkatkan minat baca masyarakat Kota Batu, khususnya para pemuda. Sehingga, angka literasi di Kota Batu bisa meningkat dari yang saat ini masih 70 persen.

“Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu juga sudah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Batu untuk menjadwalkan seluruh pelajar SD dan SMP berkunjung ke perpustakaan secara berkala,” kata Santu.

Santu juga menargetkan, indeks angka literasi di Kota Batu bisa mencapai 100 persen pada akhir 2022. Meski demikian, masih banyak pekerjaan rumah untuk meningkatkan indeks literasi Kota Batu.

Gedung yang sebelumnya merupakan bekas Kantor Dinas Cipta Karya Kota Batu tersebut baru diresmikan pada Jumat (4/2/2022). Pembangunan perpustakaan umum itu menghabiskan anggaran pembenahan sekitar Rp 1,9 Miliar.

Letaknya yang berada di kawasan wisata nampaknya memang dibuat untuk memudahkan wisatawan yang hendak menikmati suasana baru. Sederet fasilitas pun disiapkan untuk perpustakaan tersebut.

Di sana terdapat ruang baca anak yang dilengkapi dengan boneka-boneka, dan sebagainya. Tentunya ada ruang baca dewasa, hingga ruang baca difabel. “Untuk ruang baca anak nanti kami buat kelas seperti PAUD karena ada peraganya juga,” kata Santu.

Ada juga ruang kreasi yang nantinya diperuntukkan bagi seluruh komunitas ataupun instansi yang membutuhkan tempat untuk membuat acara. Kemudian dilengkapi dengan koleksi buku 34.300 eksemplar dan 4.800 buku elektronik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Perpustakaan UmumKota Batuindeks literasiPerpustakaan Kota Batuberita kota batuBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru