Sepeninggal Messi, Barcelona Utak-atik Lini Serang

Feb 05, 2022 18:27
Skuat Barcelona (foto: istimewa)
Skuat Barcelona (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Pergerakan masif pada transfer musim dingin Barcelona berhasil mendatangkan Pierre-Emerick Aubameyang dan Adama Traore. Kedua pemain depan itu dapat melengkapi Ferran Torres yang sebelumnya sudah lebih dulu bergabung.

Sejauh ini, Blaugrana tertatih-tatih dalam perburuan gelar juara La Liga. Memphis Depay dkk sejauh ini tertinggal jauh dari rival abadi Real Madrid sebagai pemuncak klasemen dengan 15 poin yang memisahkan mereka.

Yang lebih buruk, Blaugrana secara memalukan tersisih di fase grup Liga Champions musim ini dan harus berlaga di kasta kedua atau Europa League untuk kali pertama dalam 17 tahun terarkhir. Belum lagi mereka juga tersingkir dini dari Copa del Rey.

Karena itu, pelatih Xavi Hernandez melakukan gerakan besar di bursa transfer Januari kemarin. Terlepas dari kesulitan finansial yang dialami, Barca pada akhirnya mampu mendatangkan beberapa nama besar baru.

Sepeninggal Lionel Messi, Barcelona masih belum menemukan penyerang yang ganas di gawang lawan. Sehingga memperkuat lini depan adalah program utama mereka.

Yang cukup krusial adalah bagaimana Barca mengalahkan Tottenham Hotspur dalam perburuan Adama Traore. Pemain sayap Spanyol berdarah Mali tersebut pulang ke klub masa mudanya dengan status pinjaman dari Wolverhampton Wanderers hingga akhir musim ini.

Kedatangan Adama Traore kemungkinan besar akan disiapkan sebagai pengganti Ousmane Dembele, yang hampir bisa akan meninggalkan Camp Nou saat musim ini berakhir.

Kejutan lain, dan mungkin yang paling besar, adalah keberhasilan raksasa Catalunya tersebut mendapatkan tanda tangan Pierre-Emerick Aubameyang tanpa mengeluarkan sepeser pun biaya.

Penyerang internasional Gabon itu pindah ke Barca setelah menyepakati pemutusan kontrak dengan Arsenal tepat beberapa saat sebelum bursa transfer musim dingin ditutup. Di Camp Nou, pemain berusia 32 tahun itu mengikat kontrak hingga Juni 2025.

Perekrutan trio penyerang baru ini mengindikasikan Barcelona di bawah asuhan Xavi akan terus mempertahankan skema 4-3-3 dan kedatangan mereka jelas akan merombak komposisi utama lini depan sekaligus mengancam nama-nama seperti Memphis Depay, Martin Braithwaite, hingga Luuk De Jong.

Untuk dua lini lainnya, tengah dan belakang, nyaris tidak ada berubahan. Kembalinya bek veteran Dani Alves tidak dimaksudkan untuk menggusur kemapanan Sergino Dest di posisi tersebut. Tapi lebih ditujukan untuk menambah pengalaman pada skuad yang banyak dihuni pemain muda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
FC BarcelonaBlaugranaBenahi lini serang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru