Seribu Warga Kota Batu Kena Kanker, Terbanyak Kanker Payudara

Feb 04, 2022 20:18
Hari Kanker Sedunia.
Hari Kanker Sedunia.

JATIMTIMES - Kanker banyak diderita warga Kota Batu. Berdasarkan database Kanker SIRS (Sistim Informasi Rumah Sakit) Kota Batu pada tahun 2022 ini tercatat ada 1.825 kasus di Kota Dingin ini.

Jumlah tersebut memang lebih sedikit dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2018 sejumlah 4.213 kasus, dan pada tahun 2019 mengalami penurunan sejumlah 2.168 kasus.

Dari sejumlah kasus kanker tersebut, kanker payudara lebih mendominasi dibanding dengan 9 jenis kasus kanker lainnya yang banyak diderita oleh pasien. 

“Beberapa jenis kanker yang banyak ditemui di antaranya adalah kanker payudara, kanker leher rahim, kanker paru-paru, kanker kolorektal, kanker hati, kanker mulut, kanker lambung, kanker darah, dan kanker mata,” kata Koordinator Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Penanganan Bencana, Dinas Kesehatan Kota Batu, dr. Susana Indahwati, Jumat (4/2/2022).

Secara umum, ada dua faktor penyebab kanker yang paling sering terjadi, yaitu faktor internal (seperti, keturunan) dan faktor eksternal (misalnya, perubahan hormon, obesitas, kurang berolahraga, kebiasaan merokok, serta paparan radiasi, virus, dan bahan-bahan kimia).

Karena itu gejala kanker yang patut diwaspadai yakni, muncul benjolan yang tidak lazim, perubahan pada kulit, masalah pada kelenjar getah bening, berat badan turun tanpa sebab. “Lalu batuk atau sesak napas berkepanjangan, munculnya rasa sakit tanpa sebab, dan pendarahan tidak normal,” tambah Susan.

“Perlunya kemudahan akses perawatan kanker bagi penderita merupakan hal yang sangat penting agar penderita kanker mendapatkan perawatan dan pengobatan yang layak,” tutup Susan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
KankerKanker Payudarasusana indahwati

Berita Lainnya

Berita

Terbaru