Tingkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa, MTsN 2 Kota Malang Tetap Konsisten Terapkan Ummi

Feb 03, 2022 15:29
Kegiatan belajar Ummi MTsN 2 Kota Malang.(istimewa)
Kegiatan belajar Ummi MTsN 2 Kota Malang.(istimewa)

JATIMTIMES - Tak hanya upaya meningkatkan kemampuan akademik saja, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Malang juga terus mendorong para peserta didik  memiliki kemampuan mumpuni dalam membaca Alquran. Hal ini dilakukan dengan tetap konsisten memberikan bimbingan belajar mengaji Ummi. 

Kepala MTsN 2 Kota Malang,  Dr Subhan SPd MSi melalui Rusda Fuaziah, guru bahasa Arab, menjelaskan, meskipun saat ini pandemi covid-19, kegiatan mengaji Ummi tetap berjalan. Kegiatan ini dilakukan secara daring.

3

Kegiatan belajar dibagi menjadi beberapa kelompok, yakni mulai dari mereka yang jilid 1, 2, 3, 4 hingga tahfidz Al-Qur'an. Pembelajaran berjalan selama 60 menit dan diikuti oleh semua jenjang.

MTsN 2  sangat berkomitmen dan ingin siswa tetap mengaji dan Istikamah. Sehingga, meskipun berlangsung dari rumah, dengan memanfaatkan media yang ada, kegiatan mengaji Ummi  ini tetap berjalan.

"Mungkin yang d ssekolah lain terkendala adanya pandemi. Tapi di sini (MTsN 2 Kota Malang) tetap berjalan. Tentunya pencapaian yang diharapkan, mereka bisa membaca Alquran denga baik," jelasnya.

2

Untuk menentukan kelompok tersebut, tentunya terdapat tes yang harus dijalani, sampai akhirnya ditentukan kelompok yang pas untuk mereka.

Waka Humas MTsN 2 Kota Malang Erna Dwi Kaeksi menambahkan, pembinaan tak hanya dilakukan untuk mereka yang sudah memiliki modal kemampuan membaca Alquran. Bahkan jika pun mulai dari nol, tetap akan dibina dan dibimbing dengan baik.

"Kami tidak membatasi yang masuk sini harus bisa membaca Alquran. Sebab, memang ada juga siswa yang dari SD sehingga pembinaan juga dilakukan mulai dari nol," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan, selain kemampuan dalam membaca Alquran meningkat melalui kegiatan belajar Ummi, tingkat kedisiplinan para peserta didik juga meningkat. 

1

"Kita jadwal pukul 07.00 sampai pukul 08.00 WIB. Sebelum itu, mereka sudah harus hadir. Ini (disiplin) juga termasuk penilaian dari guru-guru Ummi," paparnya.

Perkembangan belajar anak-anak MTsN 2 juga terus dipantau dan dievaluasi.  Hal itu nantinya juga dilaporkan kepada orang tua, sehingga mereka juga turut mengetahui perkembangan putra-putrinya.

Untuk diketahui, para orang tua yang ingin putra-putrinya menempuh pendidikan di MTsN 2 Kota Malang, simak jadwal pendaftaran peserta didik baru (PPDB) ini.  PPDB dibagi menjadi dua gelombang, yakni jalur prestasi dan jalur reguler.

Jalur prestasi telah dibuka sejak 17 Januari 2022 hingga 22 Februari 2022, mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 13.30 WIB. Tes dilakukan pada 26 Februari 2022 dan dilanjutkan pengumuman hasil tes pada 5 Maret. Mereka yang lolos kemudian dijadwalkan melakukan daftar ulang pada 7-12 Maret 2022.

1

Untuk PPDB jalur prestasi, mereka yang hafal Alquran beberapa juz akan mendapatkan beasiswa sesuai yang telah ditentukan. Merekayang hafal Alquran 6 juz bebas syariah selama 6 bulan; hafal 10 juz bebas syariah 1 tahun; hafal 20 juz bebas syariah 2 tahun dan hafal 30 jus bebas syariah 3 tahun. Mereka yang berprestasi akademik maupun non-akademik, yakni juara 1-2, bebas syariah 3 bulan dan jariyah 100 persen.

5

Sedangkan untuk jalur reguler, pendaftaran dibuka mulai 21 Maret hingga 6 April 2022 mulai pukul 08.00 hingga 13.30 WIB. Tes dilakukan pada April dan dilanjutkan pengumuman hasil tes pada 16 April 2022. Dan untuk yang lolos tes, daftar ulang dijadwalkan pada 18-23 April 2022.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
MTsN 2 Kota MalangNgaji metode UmmiBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru