2022, ASN akan Pindah Bertahap ke IKN Nusantara di Kalimantan

Feb 03, 2022 10:59
Desain terbaru IKN (Foto: Instagram)
Desain terbaru IKN (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Pemerintah rupanya sudah mempersiapkan dengan matang untuk pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari DKI Jakarta ke Kalimantan yang diberi nama Nusantara. Selain memulai pembangunan infrastruktur, pemerintah juga akan memulai proses pemindahan aparatur sipil negara (ASN) mulai tahun ini. 

Plt Direktur Regional II Bappenas Mohammad Roudo mengatakan, pemindahan IKN dilakukan dalam beberapa tahap yang dimulai dari 2022 hingga 2024. Roudo mengatakan, pemindahan ASN ini juga akan dilakukan bertahap. Pasalnya, tidak mungkin seluruh ASN dipindahkan dari DKI Jakarta ke IKN Nusantara.

"Secara bertahap ASN akan bergerak ke sana. Mungkin tidak semuanya langsung akan pindah," kata Roudo. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menargetkan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur bisa selesai sebelum 16 Agustus 2024. Saat ini, proses pembangunan IKN pun telah dimulai.

"Presiden merencanakan untuk pindah sebelum 16 Agustus 2024, tapi kita masih lihat dulu seperti apa kondisinya," kata Roudo. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, berdasarkan masterplan untuk pemindahan tahap awal tahun 2022-2024, pemerintah membangun infrastruktur dasar seperti air hingga energi untuk penduduk.

Selain itu, pada tahap awal pemerintah juga bakal membangun Istana Kepresidenan hingga gedung-gedung perkantoran. Beranjak pada 2025-2035, fokus pembangunan IKN yakni penyelesaian pemindahan. Pada tahap tersebut, nantinya pemerintah mulai menarik pihak swasta untuk membangun gedung-gedung mereka di kawasan IKN Nusantara itu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pemindahan asnpemindahan asn ke ikn nusantaraIKN Nusantara

Berita Lainnya

Berita

Terbaru